Faktor-Faktor Migrasi Dan Dampaknya Terhadap Perubahan Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Eks Pekerja Migran Indonesia Asal Desa Oekopa Kecamatan Biboki Tanpah Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor-Faktor Migrasi Dan Dampaknya Terhadap Perubahan Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Eks Pekerja Migran Indonesia Asal Desa Oekopa Kecamatan Biboki Tanpah Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui faktor yang mendorong masyarakat di Desa Oekopa menjadi pekerja migran di luar negeri (2) Mengetahui dampak pekerja migran terhadap aspek sosial ekonomi di Desa Oekopa Kecamatan Biboki Tanpah Kabupaten Timor Tengah Utara.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Oekopa Kecamatan Biboki Tanpah Kabupaten Timor Tengah Utara dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunankan beberapa tahap analisis data kualitatif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor pendorong seseorang memilih untuk bermigrasi keluar negeri sebagai pekerja migran Indonesia karena faktor ekonomi, kurangnya lapangan pekerjaan di negara asal, mencari penghasilan lebih, kemudahan kesempatan bekerja mencari kekayaan dan penghasilan lebih, kemudahan kesempatan bekerja di luar negeri. Faktor penarik sesorang memilih bekerja di luar negeri yaitu gaji yang cukup besar dan juga lapangan pekerjaan yang meyakinkan. Faktor Pendorong pekerja migran untuk kembali ke daerah asal karena keinginan sudah terpenuhi dan sudah memiliki modal untuk kembali ke daerah asal.

Kata-kata Kunci : Faktor, Migrasi, Dampak Perubahan, Sosial Ekonomi, dan Pekerja Migran


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BENEDIKTUS MONEMNASI - Personal Name
Student ID
2001100038
Dosen Pembimbing
MIKAEL SAMIN - 196209181990031003 - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Husain Hasan-19880602 201903 1 012 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Muhammad Husain Hasan - 198806022019031012 - Penguji 1
Andrinata - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 MON F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA