Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Sengketa Tanah Dan Implikasinya Terhadap Hak Para Pihak Di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Sengketa Tanah Dan Implikasinya Terhadap Hak Para Pihak Di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Sengketa tanah, atau konflik, telah menjadi masalah klasik kronis yang berlangsung bertahun-tahun bahkan puluhan tahun, di mana-mana. Sengketa dan konflik tanah pada dasarnya merupakan masalah yang kompleks dan beragam. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah faktor penyebab terjadinnya sengketa tanah dan implikasinya terhadap hak para pihak di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara? (2) Bagaimanakah akibat hukum terhadap hak para pihak dalam sengketa tanah di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara? Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui faktor penyebab terjadinnya sengketa tanah dan implikasinya terhadap hak para pihak di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara dan untuk mengetahui akibat hukum terhadap hak para pihak dalam sengketa tanah di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan informasi untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai judul skripsi yang akan penulis teliti dan akan berguna untuk bahan keilmuan khususnya sengketa tanah pada peminatan hukum perdata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum empiris.
Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Faktor penyebab terjadinya sengketa tanah yang terjadi di Kecamatan Insana Utara adalah yang pertama, faktor kepentingan pribadi, yakni para pihak yang melakukan penyerobotan tanah, menempati, dan mengolah tanah tersebut atas dasar kepentingan pribadi mereka tanpa memperhatikan tentang kepemilikan tanah tersebut sehingga menyebabkan terjadinya sengketa tanah, dan yang kedua adalah faktor kepentingan umum dimana ada pihak sengketa yang melakukan penyerobotan tanah untuk kepentingan umum bagi masyarakat setempat. Jika masalah kepentingan pribadi ini di ijinkan oleh pemilik tanah, maka konflik ini tidak akan terjadi. (2) Akibat hukum yang terjadi dari sengketa tanah tersebut adalah para pihak yang terlibat dalam konflik tanah ini di wakili oleh pemerintah setempat untuk melakukan penyelesaian tanah dengan metode mediasi dimana hasil mediasi tersebut adalah para pihak penyerobot di pindahkan dari tanah konflik dan memberikan sanksi terhadap pihak yang tidak pindah dari tanah tersebut.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Faktor penyebab terjadinya sengketa tanah yang terjadi di Kecamatan Insana Utara adalah faktor konflik kepentingan pribadi dengan melakukan penyerobotan demi kepentingan pribadi. (2) Akibat yang terjadi dari sengketa tanah tersebut adalah pihak pemilik mengalami kerugian, sehingga pihak sengketa mendapatkan sanksi berupa denda untuk diberikan kepada pihak pemilik.
Saran penulis adalah Badan Pertanahan Nasional dan Kepala Desa harus meberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat tentang pentingnya kepemilikan tanah dan sebagai mediator harus mempertemukan kedua belah pihak untuk berdamai sehingga hubungan sosial antara kedua belah pihak dapat kemabali berjalan dengan baik dan tidak terjadi lagi masalah dikemudian hari.

Kata kunci: Sengketa Tanah, Faktor penyebab terjadinya sengketa tanah, Akibat yang terjadi dari sengketa tanah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
LIDIA ANJELINA LAOS - Personal Name
Student ID
1902010005
Dosen Pembimbing
SUKARDAN ALOYSIUS - 195909061986011001 - Dosen Pembimbing 1
AGUSTINUS HEDEWATA - 195908281986031004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Siti Ramlah Usman - 196003051987032001 - Ketua Penguji
Sukardan Aloysius - 195909061986011001 - Penguji 1
AGUSTINUS HEDEWATA - - 19590828 198603 1 004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LAO A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA