Analisis Pemasaran Ternak Kerbau Di Kabupaten Sumba Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Pemasaran Ternak Kerbau Di Kabupaten Sumba Timur

XML

Suatu penelitian dengan judul analisis pemasaran ternak kerbau di Kabupaten Sumba Timur telah dilaksanakan dan bertujuan untuk mengidentifikasi pola saluran pemasaran ternak kerbau dan mekanismenya, mengetahui dan menganalisis besar farmer’s share, margin pemasaran (biaya dan keuntungan pemasaran), serta efisiensi pemasaran (efisiensi ekonomis) ternak kerbau di Kabupaten Sumba Timur. Pengambilan contoh dilakukan melalui tiga tahap. Pada tahap pertama dan kedua penentuan kecamatan contoh dan desa contoh menggunakan metode purposive (sengaja), dengan dasar pertimbangan diambil 4 kecamatan yaitu 2 kecamatan yang jauh dari ibu kota kabupaten, 2 kecamatan yang dekat dengan ibu kota kabupaten. Penentuan desa contoh dilihat dari jumlah ternak terbanyak dan jumlah peternak terbanyak, Pada tahap ketiga penentuan peternak contoh menggunakan teknik proportional random sampling diperoleh peternak contoh sebanyak 54 peternak contoh. Penentuan pedagang contoh menggunakan teknik snowbowling. Metode pengambilan data untuk data primer dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul ditabulasi dan dianalisis menggunakan analisis farmer’s share, marketing cost (Mc), marketing profit (Mp) dan efisiensi pemasaran(e). Hasil penelitian menunjukkan ada tiga saluran pemasaran ternak kerbau di Kabupaten Sumba Timur yakni saluran pemasaran I: peternak langsung menjual ternaknya pada konsumen, saluran pemasaran II: peternak menjual ternak kepada konsumen melalui pedagang pengumpul kecamatan menjualkan ternak kepada pedagang pengumpul kabupaten/antar pulau dan pada saluran pemasaran III: peternak menjual ternaknya kepada konsumen melalui pedagang pengumpul kabupaten atau antar pulau. Farmer’s share yang diterima dari saluran dua dan tiga adalah 44,44% dan 55,20%. Margin pemasaran yang diperoleh sebagai berikut: biaya pemasaran pada saluran II dan III adalah 3,07% dan 18,48% sedangkan keuntungan pemasaran pada saluran II dan II adalah 23,89% dan 26,32%. Saluran pemasaran sudah efisien karena memiliki efisiensi pemasaran yang kurang dari 20% yaitu saluran II dan III adalah 3,07% dan 18,48%. Kata kunci: snowbowling, saluran pemasaran, farmer’s share, margin pemasaran, efisiensi pemasaran.


Detail Information

Item Type
Penulis
Adrianus Jawamara - Personal Name
Student ID
1505030262
Dosen Pembimbing
OBED HABA NONO - 196310251986011001 - Dosen Pembimbing 1
MARIA YASINTA LURUK - 19630827198903200 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Obed Haba Nono - 196310251986011001 - Ketua Penguji
Maria Yasinta Luruk - 19630827198903200 - Penguji 1
Ulrikus Romsen Lole - 19640730199103100 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54231
Edisi
Published
Departement
Peternakan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.31 Jaw A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA