Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Kupang Pada Sub Bahasan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Kupang Pada Sub Bahasan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada sub bahasan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi kelas XI SMAN 4 Kupang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu penelitian pembelajaran yang dilaksanakan di kelas oleh guru untuk mencari permasalahan dalam kegiatan pembelajaran dan memecahkannya, dengan tujuan untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dengan menggunakan hal-hal baru seperti model, metode, maupun media pembelajaran agar tujuan tercapai. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Kupang Tahun ajaran 2023/2024, sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode (1) observasi, (2) tes. Data yang didapat melalui metode observasi adalah tentang aktivitas belajar siswa, data tersebut kemudian dianalisis. Data yang didapat melalui metode tes adalah data tentang hasil belajar siswa, data tersebut kemudian dianalisis. Hasil penelitian pada aktivitas dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan persentase skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 30,55% kategori cukup, 36,11% kategori kurang, dan 8,33% kategori sangat kurang dan 25% yang kategori baik pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. (2) terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 47,22% dari 69,31% pada siklus I menjadi 85,29% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan sub bahasan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi khususnya di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Kupang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Aktivitas, Ketuntasan Hasil Belajar Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JUY KALDA PELLO - Personal Name
Student ID
2001060003
Dosen Pembimbing
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
EKA BUANG S. KALA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jasman - 196906111994031001 - Ketua Penguji
EKA BUANG S. KALA - - Penguji 1
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 PEL U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA