SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 2 KUPANG KELAS XI MIPA 4 PADA MATERI SISTEM RESPIRASI PADA MANUSIA

Detail Cantuman

Skripsi

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 2 KUPANG KELAS XI MIPA 4 PADA MATERI SISTEM RESPIRASI PADA MANUSIA

XML

Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan didalam dan diluar sekolah yang berlangsung seumur hidup. Pendidikan memilikitujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti. Pendidikan tercipta dan berpusat pada pendidikan melalui pembelajaran di sekolah. Salah satu pembelajaran yang dapat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memecahkan masalah adalah model pembelajaran Problem Bassed Learning. Problem Bassed Learning (PBL) merupakan model pembelajaran inovatif yng dapat mengaktifkan peserta didik, mengembangkan kemampuanberpikir kritis dalam menyelesaikan masalah serta menimbulkan efek positif terhadap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Biologi di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Kupang.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA MIPA 4 SMA Negeri 2 Kupang yang berjumlah 36 siswa (terdiri atas 11 orang siswa laki-laki dan 25 orang siswa perempuan) dan guru biologi kelas XI MIPA 4 sebagai kolaborator dan observer, dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang, dengan fokus penelitian adalah kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem respirasi pada manusia. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada pelaksanaan siklus I kemampuan berpikir kritis siswa menjadi 11,1% dengan kategori cukup kritis. Pada siklus II, rata-rata pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan menjadi 97,2% dengan kategori kritis.
Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Biologi pada materi sistem respirasi pada manusia di Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Kupang.


Kata kunci : Pendidikan, Problem Bassed Learning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YANI ANTUNIA PAY - Personal Name
Student ID
1901040012
Dosen Pembimbing
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulus Taek - 19600626 1995121001 - Ketua Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Pay. p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA