PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA KRISTEN 2 SOE MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA KRISTEN 2 SOE MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

XML

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu pertemuan dengan masing-masing tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 dengan jumlah total 34 orang yang terdiri dari 20 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Instrumen pengumpul data melalui tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh berupa aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa selama proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning serta hasil belajar siswa diperoleh dari pretest dan postest siklus I dan II. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis aktivitas siswa, guru, dan hasil belajar yang selanjutnya dianalisis lagi secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh jumlah total 36, rata-rata skor 18 dengan presentase 64,28% kategori cukup berhasil meningkat pada siklus II diperoleh jumlah total 53, rata-rata skor 26,5 dengan presentase 94,64% kategori sangat berhasil dan peningkatan sebesar 30,36%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I diperoleh jumlah total 80, rata-rata skor 40 dengan presentase 90,90% kategori sangat berhasil meningkat pada siklus II diperoleh jumlah total 87, rata-rata skor 43,05 dengan presentase 98,86% kategori sangat berhasil dan peningkatan sebesar 7,96%. Serta hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata skor 51,26% mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata skor 76,02% ketuntasan belajar tuntas dengan peningkatan sebesar 24,76%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Kristen 2 Soe pada materi Keanekaragaman Hayati.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, aktivitas, dan hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ayu Riswilmar Natonis - Personal Name
Student ID
1901040043
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
NIKMAH - 196410231990012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1
Nikmah - 196410231990012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Nat. P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA