Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Di SMA Negeri 4 Kota Komba

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Di SMA Negeri 4 Kota Komba

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Phet Simulation pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Kota Komba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen semu. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Pengumpulan data dalam penelitian berupa soal tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan menggunakan uji Independent Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Phet Simulation. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2- tailed) pada t-test for Equality of Means yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansinya sebesar 0,05 (0,000 < 0,05). Peningkatan rata-rata N-Gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,83 jauh lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya sebesar 0,70.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), PhET Simulation.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001060063
Dosen Pembimbing
Arvinda C. Lalang - 19920723 201903 2 023 - Dosen Pembimbing 1
EKA BUANG S. KALA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorthea M. W. Nay - 199305022022032021 - Ketua Penguji
EKA BUANG S. KALA - - Penguji 1
Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 SIL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA