Skripsi
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Di SMA Negeri 4 Kota Komba
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Phet Simulation pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Kota Komba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen semu. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Pengumpulan data dalam penelitian berupa soal tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan menggunakan uji Independent Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Phet Simulation. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2- tailed) pada t-test for Equality of Means yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansinya sebesar 0,05 (0,000 < 0,05). Peningkatan rata-rata N-Gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,83 jauh lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya sebesar 0,70.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), PhET Simulation.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YOHANA ABRINA W. DA SILVA - Personal Name
|
Student ID |
2001060063
|
Dosen Pembimbing |
Arvinda C. Lalang - 19920723 201903 2 023 - Dosen Pembimbing 1
EKA BUANG S. KALA - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dorthea M. W. Nay - 199305022022032021 - Ketua Penguji
EKA BUANG S. KALA - - Penguji 1 Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 SIL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |