Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran dan Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan Masyarakat, Pegawai dan Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai informan. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini teknis analisis data yang digunakan ada tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini ada lima focus yang digunakan yaitu, Tangibels, Reabillity, Responsiveness, Assurance dan Empaty . Dari hasil penelitian menujukan bahwa, (1) dalam pelayanan pembuatan Akta Kelahiran adanya kendala yang dihadapi yaitu fasilitas yang ada belum memadai, ruang pelayanan yang kurang bersih dan luas, dan juga kipas angin yang tidak berfungsi. (2) dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran pegawai kurang maksimal dalam memberikan informasi mengenai kelengkapan berkas, (3) masyarakat kurang puas dengan cara pegawai dalam menanggapi keluhan karena tidak sesuai dengan waktu yang dijanjikan, (4) pegawai belum mampu menjelaskan secara baik kepada masyarakat dan masih ada pegawai yang belum melayani dengan sikap ramah dan sopan serta pegawai belum mampu memberikan rasa nyaman dan aman dalam hal pemberian layanan, (5) pegawai sudah berupaya dalam memberikan pelayanan agar semua masyarakat dapat dilayani dengan baik, tapi masih ada pegawai yang mendahulukan keluarga. Dalam menciptakan pelayanan yang berkualitas perlu memperhatikan faktor yang menghambat jalanya pelayanan seperti fasilitas dalam ruang pelayanan, meningkatkan rasa percaya pada masyarakat dan sikap sopan santun dari pegawai kepada masyarakat.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Akta Kelahiran , Pelayanan Publik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yelsy Intan Rosita Kiuk - Personal Name
Student ID
1703010149
Dosen Pembimbing
MELKISEDEK N B C NEOLAKA - 196205191989011001 - Dosen Pembimbing 1
MARIAYANI O RENE - 199305032022032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Melkisedek N B C Neolaka - 196205191989011001 - Ketua Penguji
Mariayani O. Rene - - Penguji 1
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Kiu K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA