PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI VIRUS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AMARASI SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI VIRUS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AMARASI SELATAN

XML

Penelitian tentang pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa materi virus pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Amarasi Selatan. Telah dilaksanakan pada bulan November tahun 2024 di SMAN 1 Amarasi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi virus.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Dengan desain yang digunakan pretest-postest control group design. Yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dengan instrumen yang digunakan yaitu tes. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes dari kedua kelas tersebut data ini pun dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t dengan didahulukan dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan hasil perlakuan dari kedua kelas tersebut didapatkan nilai normalitas tes awal kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar (0,200 dan 0,199 > 0,05) sedangkan pada uji homogenitas didapatkan nilai sebesar (0,81 > 0,05) sehingga data berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata hasil tes siswa awal dikelas eksperimen 43,79 dan kontrol 40,46 yang berada pada kategori rendah, sedangkan pada hasil tes siswa akhir kelas eksperimen rata-rata 85,67 berada pada kategori tinggi dan kelas kontrol 59,13 berada pada kategori cukup, didukung oleh hasil uji hipotesis yaitu t-test didapati hasil 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima dengan kata lain ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa materi virus pada siswa kelas X SMAN 1 Amarasi Selatan.


Kata kunci : discovery learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dessi Marsela Runesi - Personal Name
Student ID
1701040131
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
NIKMAH - 196410231990012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1
Nikmah - 196410231990012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Run. p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA