Skripsi
Pemasaran Hasil Olahan Rumput Laut Di UMKM Tresha Desa Tablolong Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang
XMLPenelitian ini telah dilaksanakan di Desa Tablolong Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Pengumpulan Data dilakukan pada bulan November-Desember 2023. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengidentifikasi saluran pemasaran apa yang digunakan pada UMKM Tresha di Desa Tablolong Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. (2) Untuk mengetahui berapa besar keuntungan pemasaran hasil olahan rumput laut di UMKM Tresha di Desa Tablolong Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. (3) Untuk mengetahui tingkat efesiensi pemasaran dalam pemasaran hasil olahan rumput laut di UMKM Tresha di Desa Tablolong Kec Kupang Barat Kab Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penentuan informan dengan menggunakan snowball sampling digunakan untuk menelusuri dan memilih berapa jumlah pedagang pengecer serta berapa konsumen sebagai subjek penelitian yang terlibat dalam pemasaran produk hasil olahan rumput laut di UMKM Tresha . Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 jenis saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran (0-tingkat) produsen-konsumen dan saluran pemasaran (I-tingkat) produsen-pedagang pengecer-konsumen. Besarnya margin pemasaran pada masing-masing saluran yaitu saluran 0-tingkat total biaya untuk masing-masing jenis produk dan ukuran untuk dodol (125gr) sebesar Rp.11.000, pilus (80gr) margin sebesar Rp.9.000, stik (100gr) dengan margin yang diperoleh Rp.9.667. total semua biaya produksi pada SP 0-T untuk masing-masing jenis dan ukuran produk yaitu dodol (125gr) Rp.614.420, total biaya pilus (80gr) Rp.428.230, total biaya stik (100gr) total biaya Rp.383.666. total biaya pada SP I-T yaitu dodol(125gr) dengan jumlah biaya Rp.928.74, pilus(80gr) dengan total jumlah biaya Rp.911.74, stik (100gr) dengan total jumlah biaya Rp.911.74. Total keuntungan SP I-T untuk produk dodol (125gr) sebesar Rp.10.820, pilus (80gr) Rp.8.840, stik (100gr) Rp.9.510. Menurut perhitungan kedua saluran pemasaran dikategorikan efeisen namun SP 0-T adalah yang efesien karena memiliki biaya yang dikelurkan sedikit, tapi saluran pemasaran I-T adalah SP yang peling menguntungkan karena memiliki pasar dan penjualan paling banyak.
Kata kunci : Pemasaran,Margin pemasaran, Efesiensi Biaya Pemasaran
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NIRMALA RISELA MESANG - Personal Name
|
Student ID |
1904020041
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Made T. Surayasa - 195907181987021001 - Ketua Penguji
Siska Elvani - - Penguji 1 I Wayan Nampa - 198303232012121002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
54201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Agribisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
542.01 MES P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |