PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TENTANG SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI OELEDO KABUPATEN ROTE NDAO

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TENTANG SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI OELEDO KABUPATEN ROTE NDAO

XML

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran tentang suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, teknik observasi untuk mencatat aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan dalam dua siklus dan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data-data dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kriteria ketuntasan yang peneliti dianggap berhasil. Penelitian ini diadakan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Oeledo dengan hasil penelitian menunjukan bahwa dari 16 orang siswa untuk siklua I terdapat 10 orang (62,5 %) tuntas, karena memperhatikan penjelasan guru pada saat
pembelajaranberlangsung, mau bekerja sama dalam kelompok, mau melaporkan hasil diskusi, tidak bermain saat pembelajaran berlangsung, tidak mengganggu teman, dan mampu mengerjakan soal test dengan benar. Sedangkan 6 orang (37,5%) tidak tuntas karena tidak memmperhatikan penjelasan guru pada saat pembelajaran berlangsung, tidak mau bekerja sama dalam kelompok, tidak mau melaporkan hasil diskusi, bermain saat pembelajaran berlangsung, suka mengganggu teman dan tidak mengerjakan soal test dengan benar, serta guru belum mampu membing siswa yang lemah dalam berdidkusi dengan baik pada saat berdiskusi. Sedangkan pada siklus II dari 16 orang siswa semua sudah tunas (100%) disebabkan karena kekurangan- kekurangan pada siklus I sudah di perbaiki dan semua siswa mampu mengerjakan soal test dengan benar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang suhu dan kalor menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery learning, suhu dan kalor, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yoriton Manafe - Personal Name
Student ID
1701140097
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Man P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA