Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KEOEN KABUPATEN ROTE NDAO
XMLSkripsi oleh Aderena Manafe, Nim 1701140050 dengan judul “ Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN Keoen. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD N Keoen Ini menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5e yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran perubahan lingkungan. Penelitian tindakan kelas ini memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, serta refleksi. Subjek dalam penelitian berjumlah 17 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki serta 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data
yang dipakai adalah teknik observasi dan tes sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini diadakan di SD N Keoen dengan hasil penelitian menunjukan bahwa dari 17 orang siswa menunjukan bahwa untuk siklus I, 9 orang peserta didik (52,95%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru pada
saat pembelajaran, bekerja sama dalam kelompok, mampu melaporkan hasil diskusi, tidak bermain saat pembelajaran berlangsung, tidak menganggu teman dan mengerjakan soal test dengan benar. Sedangkan 8 orang peserta didik (47,5%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru pada saat pembelajaran, tidak mau bekerja sama dalam kelompok, tidak melapokan hasil diskusi, bermain saat pembelajaran berlangsung, menganggu teman dan mengerjakan soal test dengan tidak benar serta kelemahan guru belum membimbing siswa dengan baik pada saat berdiskusi dan belum menjelaskan langkah-langkah Learning Cycle 5e pada siswa yang lemah berdiskusi sedangkan pada siklus II dari 17 orang yang tuntas 17 orang (100%) disebapkan karena memperhatikan penjelasan guru pada saat pembelajaran berlangsung, bekerja sama dalam kelompok, mampu melaporkan hasil diskusi, tidak bermain saat pembelajaran berkangsung, tidak mengganggu teman dan mampu mengerjakan soal test dengan benar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang perubahan lingkungan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5e dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Kata Kunci: Model Learning Cycle 5e, Perubahan Lingkungan, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Aderena Manafe - Personal Name
|
Student ID |
1701140050
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Man P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |