Skripsi
Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VB SD Inpres Fatukoa Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok
XMLTujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji adanya pengaruh yang cukup besar dari pendekatan PMRI terhadap hasil belajar siswa kelas VB SD Inpres Fatukoa pada materi bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu Pre-experimental Design. Seluruh siswa kelas V SD Inpres Fatukoa yang terbagi dalam tiga kelas: VA, VB, dan VC berpartisipasi dalam penelitian ini. Sampelnya, kelas VB, diambil secara acak. Pretest dan posttest digunakan dalam prosedur pengumpulan data dan instrumen penelitian untuk mengevaluasi prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SD Inpres Fatukoa. Penelitian menegaskan bahwa pendekatan PMRI memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas VB SD Inpres Fatukoa, terutama pada materi bangun ruang kubus dan balok. Sebelum menggunakan PMRI, rata-rata nilai siswa dalam pelajaran matematika hanya mencapai 47,40. Namun, setelah menggunakan PMRI, rata-rata nilai siswa naik menjadi 78,33. Analisis statistik dengan menggunakan SPSS for Windows versi 21 menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan PMRI terhadap hasil belajar siswa. Hasil ini menyimpulkan bahwa penggunaan PMRI secara konsisten meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika.
Kata kunci : PMRI Hasil belajar bangun ruang
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Aviliana Tike Kaunan - Personal Name
|
Student ID |
1901140009
|
Dosen Pembimbing |
Juliana M.H.Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 1 Damianus D. Samo - 19831231 201212 1 003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Kau P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |