PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR TEKS NARASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MULTISENSORI SISWA KELAS III SD NEGERI KUANINO KOTA KUPANG (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR TEKS NARASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MULTISENSORI SISWA KELAS III SD NEGERI KUANINO KOTA KUPANG (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

Skripsi oleh Febriany Sriyanti Mone NIM. 2001140139 di bawah bimbingan Dr. Ch. Labu Djuli, M. Hum Pembimbing I dan Markus Sampe, M.M Pembimbing II Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan membaca lancar siswa dikerenakan kurangnya latihan membaca serta kesulitan yang di alami oleh siswa dalam membaca kata kata baru atau kata turunan yang melibatkan penambahan awalan, akhiran atau perubahan bentuk kata dasar untuk membentuk kata baru dengan makna yang berbeda. Selain itu belum tercapainya jumlah kata dalam membaca lancar per menit. Hal ini ditinjau dari studi pustaka menurut Bharet (1957:85) dalam Tarigan (1991:29-30) jumlah kata dalam kecepatan membaca lancar siswa sekolah dasar kelas III per menit adalah 120-140 kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar teks narasi siswa “Tudi buki dan Lado Buki” dalam pembelajaran tentang tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia pembelajaran ke-1 dengan metode pembelajaran multisensori di kelas 3 SD Negeri Kuanino.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut: Perencanaan, Pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan mengambil lokasi di SD Negeri Kuanino Kota Kupang Kelas 3.
Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3 yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian Pra Siklus nilai rata rata kelas 55 dengan persentase membaca lancar sekurang kurangnya 100 kata per menit dan tergolong sangat baik 8 orang. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 77, nilai rata rata kelas 77 dengan persentase ketuntasan 76,6 % kemudian pada pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 91 dan persentase ketuntasan 93% dari siklus I ke siklus II 14% %. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 77% dengan jumlah siswa dengan kategori sangat baik 14 orang atau 47%, kategori baik 9 orang atau 30% , cukup 6 orang atau 20% dan kategori kurang sekali 1 orang atau 3% meningkat menjadi 93% pada siklus II dengan jumlah siswa kategori sangat baik 27 orang atau 90%, kategori baik 1 orang atau 3 % dan kategori cukup baik 2 orang atau 7 % dengan peningkatan persentase 14%. Aktivitas siswa pada siklus I 75,50 menjadi 82,14 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 10%, dengan adanya pendampingan membaca langsung dari peneliti dan guru kelas serta didukung oleh keaktifan siswa, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran multisensori dalam pembelajaran tentang tema 2 Menyanyangi Tumbuhan dan Hewan subtema 2 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia pembelajaran ke-1 dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar teks narasi siswa“ Tudi Buki dan Lado Buki” di kelas 3 SD Negeri Kuanio Kota Kupang
Kata Kunci: Metode Multisensori, Membaca Lancar, Teks Narasi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FEBRIANY SRIYANTI MONE - Personal Name
Student ID
2001140139
Dosen Pembimbing
Dr. Ch. Labu Djuli, M. Hum - - Dosen Pembimbing 1
Markus Sampe, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA