Pelaksanaan Pembentukan Desa Teu Esa Melalui Pemekaran Desa Oenitas, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao Di Tinjau Dari Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Detail Cantuman

Skripsi

Pelaksanaan Pembentukan Desa Teu Esa Melalui Pemekaran Desa Oenitas, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao Di Tinjau Dari Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

XML

Berdasarkan pengamatan penulis maka, latar belakang masalah pokoknya dapat dirumuskan bahwa sejauh mana syarat-syarat pelaksanaan pemekaran Desa dan yang menjadi faktor-faktor pengha, pelaksanaan pemekaran Desa terkait dengan pemekaran desa Oenitas, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao.
Adapun yang menjadi kegunaan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pemekaran Desa dan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat pelaksanaan pemekaran Desa di Desa Oenitas, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao. Guna menjawab permasalahan tersebut, maka di lakukan penelitian dengan menggunakan Metode Analisis Deskriptif Kualitatif sesuai dengan data yang diperoleh dengan tetap memperhatikan teori, asas, dan kaidah hukum maka, penelitian ini merupakan penelitian yang bersumber pada data primer, sekunder maupun tersier menggunakan pendekatan yuridis empiris.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan pemekaran Desa syarat-syarat Desa sesuai dengan tahapan-tahapannya yaitu syarat-syarat terdiri dari jumlah penduduk, batas wilayah, sarana prasarana. Namun dalam memenuhi syarat-syarat belum sepenuhnya melaksanakan dengan baik. Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pemekaran Desa diantaranya adalah faktor pembiayaan, belum adanya perancangan anggaran khusus untuk pemekaran Desa, adanya tarik ulur dalam kepentingan antar masyarakat dan kurangnya sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM).
Dari penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan tim pemekaran Desa Oenitas yang terkait belum sepenuhnya melaksanakan syarat-syarat pemekaran Desa menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Menyikapi hal tersebut, perlu adanya kerja sama yang baik dalam melakukan Pemekaran Desa Oenitas di Kabupaten Rote Ndao sesuai dengan alur dan mekanisme Pemekaran Desa menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, serta perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA) melalui pendidikan dan pelayanan publik kepada masyarakat Desa.

Kata Kunci: Pelaksanaan, Pemekaran dan Pembentukan Desa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FIKTO CHRISFALSA LIFU - Personal Name
Student ID
2002010152
Dosen Pembimbing
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 1
Cyrilius W.T Lamataro - 199102122020121012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rafael R Tupen - 196404201992031001 - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 1
Cyrilius W.T Lamataro - 199102122020121012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LIF P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA