Perancangan Gereja Katolik Stasi Santa Theresia Kanak-Kanak Yesus-Tenau Di Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Gereja Katolik Stasi Santa Theresia Kanak-Kanak Yesus-Tenau Di Kota Kupang

XML

Perkembangan Gereja Katolik Stasi Santa Theresia Kanak-Kanak Yesus di Tenau hingga kini menjadi salah satu masalah terkait keberadaannya yaitu melihat dari jumlah umat atau penduduk yang bertambah, posisi bangunan gereja yang tidak tepat serta adanya rujukan dari gereja Paroki Santa Gregorius Agung Oeleta untuk perluasan melalui pembangunan baru dikarenakan gereja yang sekarang belum pernah dilakukan perbaikan sejak awal dibangun, sedangkan jumlah umat yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Hal inilah yang menjadi latar belakang perlu adanya perencanaan ulang gedung gereja yang baru.
Metode perancangan gereja ini yaitu dengan mengambil tema Arsitektur kontemporer bertujuan untuk menciptakan bangunan gereja modern saat ini dengan tetap mempertahan kan nilai-nilai bangunan gereja katolik itu sendiri. Arsitektur kontemporer pada bangunan gereja ini dapat diwujudkan melalui penggunaan bentuk, material yang lebih beragam dan kekinian, warna, serta pemilihan teknologi yang tempat untuk memenuhi kebutuhan ruang gereja para jemaat.
Hasil perancangan menunjukan desain yang modern dengan tetap mempertahankan fungsi utama Gereja sebagai tempat atau ibadah umat katolik dengan dibarengi fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan spiritual jemaat lainnya di dalam lingkungan gereja dan untuk memenuhi kebutuhan ruang gereja yang besar dengan bentuk persegi panjang ber salip cahaya terinspirasi dari bentuk tatanan bangunan gereja katolik yang kokoh pada umumnya tetapi jauh lebih modern sering perkembangan zaman saat ini. Penerapan tema Arsitektur Kontemporer pada bangunan yaitu bentuk bangunan yang ekspresif dan dinamis, warna-warna yang lembut seperti batu alam maupun material yang di ekspos, bangunan yang kokoh dengan teknologi bahan yang modern, konsep ruang terbuka untuk menjawab iklim ekstrim di Kota Kupang demi kenyamanan jemaat serta eksplorasi elemen landscape dengan tatanan elemen landscape yang mendukung pengalaman spiritual umat di lingkungan sekitar gedung gereja.

Kata Kunci: Gereja Katolik, Kontemporer, Arsitektur, Tenau di Kota Kupang


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ODILIA NAY UMBOTEN - Personal Name
Student ID
1806090012
Dosen Pembimbing
YOHANES WILHELMUS DOMINIKUS KAPILAWI - 197406252008121003 - Dosen Pembimbing 1
THOMAS K. DIMA - 8829523419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imanuel N Mbake - 198612232019031009 - Ketua Penguji
Yohanes Wilhelmus Dominikus Kapilawi - 197406252008121003 - Penguji 1
THOMAS K. DIMA - 8829523419 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Sains dan Teknik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 UMB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA