PERAN GURU PPKn SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN POLITIK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PADA PEMILIH PEMULA MELALUI MATERI PPKn DI SMA NEGERI MAUROLE

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN GURU PPKn SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN POLITIK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PADA PEMILIH PEMULA MELALUI MATERI PPKn DI SMA NEGERI MAUROLE

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhui peran Guru PPKn dalam meningkatkan partisipasi politik pada pemilih pemula, melalalui maeri PPKn dan dampak dari pendidikan politik bagi peserta didik di SMA Negeri Maurole. Alasan peneliti melakukan penelitian ini karena masih ada banyak siswa/i yang belum paham akan apa itu pemilih pemula, siswa/i yang bingung menentukan pilihan mereka. Banyak siswa yang bingung akan pilihan mereka mudah terpengaruh dengan pihak-pihak lain sehingga banyak yang melakukan pemilihan hanya karena ikut ramai. Siswa/i rata-rata belum memiliki pengetahuan dan jangkauan politik yang luas untuk menentukan siapa yang harus mereka pilih, sehingga terkadang apa yang mereka pilih tidak sesuai dengan yang diharapkan. Alasan inilah yang menyebabkan pemilih pemula yang belum memiliki kesadaran politik yang kuat sangat rawan untuk digarap dan didekati dengan pendekatan materi, dan ada siswa yang beranggapan bahwa pemilihan itu tidak penting.
Penelitian ini bersifat deskriptif Kualitatif yanki untuk memperoleh gambaran tentang peran guru ppkn sebagai sarana pendidikan untuk meningkatkan partisipasi politik pada pemilih pemua melalui materi PPKn di SMA Negeri Maurole. Hasil penelitian menunjukan bawah peran guru PPKn sebagai sarana pendidikan politik dalam meningkatkan partisipasi politik pada pemilih pemula malalaui materi PPKn di SMA Negeri Maurole. Guru memegang peranan penting dalam meningkatkan partisipasi politik dikalangan siswa di SMA Negeri Maurole. Dengan memberikan pendekatan pembelajaran yang terstruktur dan efektif, guru dapat membantu siswa memahami pentingnya partisipasi politik dan mengembangkan pola pikir demokratis. Guru PPKn memiliki strategi untuk meningkatkan partisipasi politik siswa. Dan sebelum menentukan strategi guru mata pelajaran PPKn harus melihat krateristik dari siswa terlebih dahulu supaya strategi yang dilakukan dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain memiliki strategi guru juga mempunyai peran sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, pengelola kelas, mediator, fasilitator, teladan, motivator, evaluator. Pendidikan politik melalui mata pelajaran PPKn memiliki pengaruh yang cukup baik bagi peserta didik yaitu terjadinya perkembangan persepsi peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, seperti peserta didik mengetaui pentingnya berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan umum, memahami akibat jika tidak berpartisipasi, memahami bentuk-bentuk partisipasi, mampu menentukan sikap terkait demokratis yang dimiliki sebagai warga negara yang baik. Sedangkan dalam lingkungan sekolah, peserta didik sudah menerapkan sikap demokrasi tersebut seperti, mampu menghargai pendapat orang lain, menghargai orang lain yang sedang berbicara, dan mampu menerima perbedaan.

Kata kunci: Partisi politik, peran guru PPKn, pemilih pemula


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
LAURENSIA KAPI - Personal Name
Student ID
2001070120
Dosen Pembimbing
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Ketua Penguji
Dorkas Y. A. Kale - Dorkas Y. A. Kale - Penguji 1
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
082145767401
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA