HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY BERBASIS BUDAYA MENENUN PADA PEMBELAJARAN BELAH KETUPAT DI KELAS IV SD N OERANTIUM

Detail Cantuman

Skripsi

HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY BERBASIS BUDAYA MENENUN PADA PEMBELAJARAN BELAH KETUPAT DI KELAS IV SD N OERANTIUM

XML

Hyphotetical Learning Trajectory Berbasis Budaya Menenun pada Pembelajaran Belah Ketupat di Kelas IV SD Negeri Oerantium”
Indah Chikita Neparassy (1801030063), Pembimbing I, Dr. Damianus Dao Samo, M.Pd; Pembimbing II, Aleksius Madu, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Hypothetical Learning Trajectory pada materi belah ketupat dengan menggunakan pendekatan matematika realistik di kelas IV SD Negeri Oerantium.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain research yang mana metode ini difokuskan pada pengembangan desain pembelajaran dalam bentuk hypothetical learning trajectory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan 4 orang siswa pada siklus pilot experiment dan 8 orang siswa pada siklus teaching experiment. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Oerantium. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar validasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan yaitu analisis data validitas, analisis data wawancara, dan analisis data tes tertulis
Penelitian ini menghasilkan suatu learning trajectory melalui pendekatan PMRI yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait materi keliling dan luas belah ketupat di kelas IV SD Negeri Oerantium. Learning trajectory yang dihasilkan terdiri atas 4 aktivitas dimana pendekatan PMRI menjadi acuan utama dalam setiap aktivitas yang ada. Konteks yang digunakan pada penelitian ini adalah budaya menenun Amarasi Barat yang berbentuk bangun datar belah ketupat yaitu gambar motif pada kain tenun. Siswa diminta mengamati dan menggambar kembali bentuk belah ketupat yang mereka amati pada gambar motif kain tenun, kemudian siswa diminta menghitung panjang sisi dan diagonal dari gambar yang dibuat, hasil perhitungan panjang sisi dan diagonal menjadi acuan untuk menemukan rumus keliling dan luas belah ketupat serta dapat menyelesaikan soal keliling dan luas belah ketupat.

Kata kunci: HLT, PMRI, keliling dan luas belah ketupat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Indah Chikita Neparassy - Personal Name
Student ID
1801030063
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Ketua Penguji
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Penguji 1
Fransiska A. Halim - 19960402 202203 2 017 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Nep H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA