Analisis Peran Kepolisian Resor Sikka Dalam Mengurangi Kasus Pencurian Kendaraan Roda Dua Di Kota Maumere

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Peran Kepolisian Resor Sikka Dalam Mengurangi Kasus Pencurian Kendaraan Roda Dua Di Kota Maumere

XML

Pencurian kendaraan roda dua merupakan masalah serius yang kerap terjadi di Indonesia. Unsur tindak pidana pencurian merupakan perbuatan pengambilan barang yang bukan miliknya, tindakan tersebut dilakukan tanpa ijin atau kehendak dari pemilik kendaraan dengan tujuan pengambilan kendaraan roda dua adalah untuk dipergunakan atau diambil hak kepemilikannya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: (1) Bagaimanakah peran Kepolisian Resor Sikka dalam mengurangi kasus pencurian kendaraan roda dua di Kota Maumere? (2) Apakah faktor-faktor yang menghambat Kepolisian Resor Sikka dalam mengurangi kasus pencurian kendaraan roda dua di Kota Maumere?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Berorientasi pada data primer (hasil penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan jumlah informan 9 orang. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kepolisian Resor Sikka melaksanakan berbagai peran penting, yaitu: menerima pengaduan dari masyarakat, melakukan penyidikan, yang kemudian dilanjutkan dengan pelimpahan berkas kepada jaksa penuntut umum untuk diteruskan dalam pemeriksaan perkara di pengadilan. Dalam peran preventif pihak Kepolisian Resor Sikka melakukannya dengan cara mengadakan kegiatan-kegiatan seperti operasi tertentu, razia selektif, penjagaan, patroli kepolisian, dan patroli rutin. Sedangkan peran represif pihak Kepolisian Resor Sikka melakukan tindakan secara bersama-sama dengan pihak kejaksaan dan pengadilan dalam menjatuhkan sanksi pidana (2) Faktor-faktor yang menghambat Kepolisian Resor Sikka dalam menanggulangi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor antara lain masyarakat terlambat melapor, pelaku melarikan diri, pelapor tidak mengetahui siapa yang melakukan pencurian, pelapor tidak mempunyai saksi, alat bukti (CCTV tidak ada), kendaraan tanpa kunci, kurangn ya alat bukti dan barang bukti, kesulitan saat mencari kendaraan yang hilang karena masih melakukan pemeriksaan manual.

Kata Kunci: Peran Kepolisian, Faktor penghambat Pencurian, Kendaraan Roda Dua.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2002010014
Dosen Pembimbing
ADRIANUS DJARA DIMA - 196604071990031001 - Dosen Pembimbing 1
DARIUS A KIAN - 197908272006041003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Ketua Penguji
Adrianus Djara Dima - 196604071990031001 - Penguji 1
Darius A Kian - 197908272006041003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LOD A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA