Skripsi
penggunaan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar tentang perkembangan teknologi produksi dan komunikasi di kelas IV SD Negeri Fatke TTU
XMLBerdasarkan observasi awal peneliti menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM padahal harapannya hasil belajar siswa seharusnya di atas rata-rata KKM. Hasil belajar yang belum mencapai KKM ini ditemukan di beberapa materi pelajaran salah satunya IPS dengan materi Perkembangan Teknologi Produksi dan Komunikasi. Peneliti Menerapan Model Pembelajaran berbasis masalah dengan
rumusan masalah bagaimana Penggunaan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar tentang perkembangan teknologi produksi dan komunikasi di kelas IV SD Negeri Fatke Kabupaten TTU?. Tujuan Penelitian ini yaitu Penggunaan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar tentang perkembangan teknologi produksi dan komunikasi di kelas IV SD Negeri Fatke Kabupaten TTU. Dengan subjek penelitian 20 orang, laki-laki 8
orang perempuan 12 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik
Observasi, teknik tes dan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh diolah dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 20 subjek penelitian 5 orang siswa sebesar (25%) yang tuntas dikarenakan siswa memperhatikan
penjelasan guru, selalu berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok, dan bisa mengerjakan serta mengerti dengan soal post test yang diberikan sedangkan 15
orang siswa sebesar (75%) yang tidak tuntas dikarenakan guru belum mampu menguasai kelas dengan baik, guru belum sepenuhnya menguasai langkahlangkah model PBL, siswa belum memahami tentang model PBL dan siswa kurang sungguh –sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan. Selanjutnya
siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik, hal ini dibuktikan dari 20 subjek penelitian semuanya sudah tuntas dengan presentase ketuntasan (100%)
dikarenakan siswa sudah terbiasa dengan menggunakan model PBL, siswa mulai bersungguh-sungguh dalam mengerjakan serta guru mampu memahami langkahlangkah dan menerpkan pembelajaran menggunakan model PBL dengan baik .
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Agustina Mete - Personal Name
|
Student ID |
2001140125
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Nusa Tenggara Timur., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Met P
|
Copyright |
Universitas Nusa Cendana
|
Doi |