PENGUNAAN MEDIA GAMBAR BERWARNA DALAM PEMBELAJARAN TEMA 2 TENTANG KEGEMARANKU SUB TEMA 2 GEMAR MENARI DAN BERNYAYI DAN PEMBELAJARAN KE 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 1 SD GMIT AJAOBAKI MOLLO UTARA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGUNAAN MEDIA GAMBAR BERWARNA DALAM PEMBELAJARAN TEMA 2 TENTANG KEGEMARANKU SUB TEMA 2 GEMAR MENARI DAN BERNYAYI DAN PEMBELAJARAN KE 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 1 SD GMIT AJAOBAKI MOLLO UTARA

XML

Skripsi oleh Nopriyana Penina Tuanane, Nim : 1701140166, PGSD 2022 dengan judul “Pengunaan media gambarberwarna dalampembelajaran tema 2 tentang kegemaranku sub
tema 2 gemar menari dan Bernyayi dan pembelajaran ke 3 untuk meningkatkan hasil belajar kelas 1 SD Gmit Ajaobaki Mollo Utara”. “ dengan rumusan masalah penelitian ini adalah : “ bagaimana pengunaan media gambar berwarna dalam pembelajaran tema 2 tentang kegemaranku sub tema 2 gemar menari dan bernyanyi dan pembelajaran ke-3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas 1.” ? Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik tema 2 sub tema 2 pembelajaran ke-3 dengan menggunakan media gambar berwarna pada siswa kelas 1 SD Gmit Ajobaki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan prosedur sebagai berikut : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/ Observasi,Tes dan Refleksi dengan teknik pengumpulan data dan tes obserasi.Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 1 yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dan tes data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan rumus teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini di adakan di SD Gmit Ajaobaki dengan Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 dari 24 siswa 13 orang ( 54,16%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, tidak menganggu teman, mampu menjawab pertanyaan guru sedangkan yang tidak tuntas 11 orang ( 45,83%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak menyelesaikan pekerjaan kelompok, menganggu teman, tidak menjawab pertanyaan guru, tidak melaporkan jawaban kelompok. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar meningkat yakni dari 24 siswa 22 siswa ( 91,66%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, tidak menganggu teman, mampu menjawab pertanyaan guru, mampu mengekspresikan ungkapan rasa sayang dengan bernyanyi, sikap-sikap baik terhadap adik, menyelesaikan masalah
pengurangan, mengerjakan soal-soal tes.Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar meningkatkan hasil belajar siswa di SD GmiT Ajaobaki sesuai dengan ketuntasan kriteria penulis.

Kata kunci:media gambar, gemar menari dn bernyanyi,hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nopriyana Penina Tuanane - Personal Name
Student ID
1701140166
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tua P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA