PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDI FATUFETO I KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDI FATUFETO I KUPANG

XML

Pencapaian tujuan pendidikan dalam pembelajaran IPA materi Rantai Makanan dapat diukur melalui hasil belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDI Fatufeto 1?.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe students teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa materi rantai makanan. Dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data. 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Penelitian ini dilaksankan di SDI Fatufeton1, hasil pengujian hipotetsis paired sample Ttest diperoleh thirung sebesar 9,735 yang artinya lebih besar dari tabel 1,710, dengan taraf signifikan 0,000<0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest-posttest Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara modelmodel kooperatif tipe students teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi rantai makanan.

Kata kunci: kooperatif tipe students teams achievement division (STAD), Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901140234
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sog P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA