Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDI FATUFETO I KUPANG
XMLPencapaian tujuan pendidikan dalam pembelajaran IPA materi Rantai Makanan dapat diukur melalui hasil belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDI Fatufeto 1?.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe students teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa materi rantai makanan. Dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data. 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Penelitian ini dilaksankan di SDI Fatufeton1, hasil pengujian hipotetsis paired sample Ttest diperoleh thirung sebesar 9,735 yang artinya lebih besar dari tabel 1,710, dengan taraf signifikan 0,000<0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest-posttest Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara modelmodel kooperatif tipe students teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi rantai makanan.
Kata kunci: kooperatif tipe students teams achievement division (STAD), Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Noviyana Elisabet Pio Soge - Personal Name
|
Student ID |
1901140234
|
Dosen Pembimbing |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Sog P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |