PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TENTANG JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI MANEFU

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TENTANG JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI MANEFU

XML

Skripsi oleh Yusli Susanti Humau ( 1901140085), PGSD 2023, dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran tentang jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Manefu”. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran tentang Tema 8 subtema 1 pembelajaran 4 di kelas V SD Negeri Manefu, Kabupaten Kupang, Kecamatan Taebenu. Dengan tujuan Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Tema 8 ( lingkungan sahabat kita ) Sub tema 1 ( Manusia dan Lingkungan ) pembelajaran 4. Jens penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 5 tahap sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, Observasi, Tes dan refleksi, dengan siswa yang berjumlah 19 orang dengan rincian 12 siswa dan 7 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini diadakan di SD Negeri Manefu Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan siklus I terdapat 7 siswa (63%) tuntas dengan alasan siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, memahami materi yang diajarkan, menyelesaikan soal tes dengan baik dan beberapa orang yang tuntas karena aktif dalam kelompok membantu menjelaskan kepada teman yang belum memahami, berani maju dan menyampaikan hasil diskusi kelompok mampu menyelesaikan soal tes. Selain itu 12 siswa (37%) yang tidak tuntas dengan alasan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak aktif dalam diskusi kelompok serta tidak berani mempresentasikan hasil diskusi kelompok, belum
mampu menyelesaikan soal tes dengan baik. Hasil pada siklus I kemudian meningkat setelah dilakukan tindakan siklus II yang menunjukan presentase ketuntasan 100% atau 19 siswa tuntas karena siswa sudah mampu aktif dalam diskusi kelompok, siswa mampu memahami penjelasan guru dengan baik dan siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok, menyelesaikan soal tes dengan baik, menemukan dan menganalisis dengan tepat kekurangan pada siklus I. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem based learning dalam pembelajaran tentang tentang tema 8 sub tema 1 pembelajaran 4 tentang jenis – jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Manefu Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang.

Kata Kunci: Problem Based Learning; jenis usaha; kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yusli Susanti Humau - Personal Name
Student ID
1901140085
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Hum P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA