Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Rantai Makanan melalui Model Project Based Learning di Kelas V SD Inpres Labat

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Rantai Makanan melalui Model Project Based Learning di Kelas V SD Inpres Labat

XML

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa materi rantai makanan melalui model Project Based Learning di kelas V SD Inpres Labat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi rantai makanan melalui model Project Based Learning di kelas V SD Inpres Labat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan siswa yang berjumlah 17 orang dengan rincian 9 siswa dan 8 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Labat dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan siklus I terdapat 11 siswa (64,70%) tuntas dengan alasan siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, memahami materi yang diajarkan, menyelesaikan soal tes dengan baik dan beberapa orang yang tutas karena aktif dalam kelompok membantu menjelaskan kepada teman yang belum memahami, berani maju dan menyampaikan hasil produk kelompok. Selain itu 6 siswa (35,30%) yang tidak tuntas dengan alasan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak aktif dalam diskusi kelompok serta tidak berani menyampaikan hasil produk kelompok, belum mampu menyelesaikan soal tes dengan baik. Hasil pada siklus I kemudian meningkat setelah dilakukan tindakan sikus II yang menunjukkan siswa persentase ketuntasan 100% atau 17 siswa tuntas karena siswa sudah mampu aktif dalam diskusi kelompok, siswa mampu memahami penjelasan guru dengan baik dan siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok, menyelesaikan soal tes dengan baik, menemukan dan menganalisis dengan tepat kekurangan pada siklus I. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Project Based Learning pada materi rantai makanan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres Labat.
Kata Kunci: Model Project Based Learning; Rantai Makanan; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001140036
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Dau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA