Pola Komunikasi Organisasi Antara Supervisor Dan Staff Dalam Membangun Kepuasan Kerja (Studi Kasus pada PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Komunikasi Organisasi Antara Supervisor Dan Staff Dalam Membangun Kepuasan Kerja (Studi Kasus pada PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Kupang)

XML

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pola komunikasi yang terjalin antara sales supervisor dan sales staff PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Kupang dan faktor yang mendukung dan menghambat proses komunikasi organisasi antara sales supervisor dan sales staff dalam membangun kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang terjalin antara sales supervisor dan sales staff di PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Kupang, dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses komunikasi organisasi antara sales supervisor dan sales staff dalam membangun kepuasaan kerja di PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus menggunakan teori kebutuhan Abraham Maslow. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Kupang telah membangun kepuasan kerja yang dibuktikan dengan adanya: Pola komunikasi yang terjalin antar sales supervisor dan sales staff menggunakan pola rantai di mana penyampaian informasi terjadi secara bertahap dimulai dari atasan memberikan instruksi kepada sales supervisor dan terakhir kepada sales staff. Arus komunikasi terjadi dari atas ke bawah berupa instruksi kerja, dari bawah ke atas berupa laporan hasil kerja, dan komunikasi horizontal berupa komunikasi antar sales mengenai informasi kerja. Selain itu, komunikasi diatas selalu dibarengi dengan komunikasi formal karena ketentuan SOP perusahaan, dan komunikasi nonformal ketika untuk menjaga keakraban dan rasa kekeluargaan. Sedangkan faktor pendukung komunikasi organisasi yakni gaji, media digital, fasilitas kerja, reward, serta hubungan kerja. Dan Faktor penghambat komunikasi organisasi yakni terjadinya miscommunication atau kesalahpahaman yang diakibatkan oleh kurangnya pamhaman akan pentingnya SOP, kurangnya pengawasan, serta kurangnya koordinasi tim.

Kata Kunci : Sales Supervisor dan Sales Staff, Pola Komunikasi Organisasi, Kepuasan Kerja.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DELIA RAFIKA YANTI - Personal Name
Student ID
1903050047
Dosen Pembimbing
LUKAS LEBI DAGA - 195911121987021001 - Dosen Pembimbing 1
Herman E. Seran - 199110142022031006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Ketua Penguji
Herman E. Seran - 199110142022031006 - Penguji 1
Silvania Stella Epiphania Mandaru - 198401062014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 YAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA