Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) (Studi Kasus Pada Masyarakat di Desa Dameka, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah)

Detail Cantuman

Skripsi

Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) (Studi Kasus Pada Masyarakat di Desa Dameka, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah)

XML

Penelitian ini berfokus pada kehidupan sosial ekonomi keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Desa Dameka, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah. Latar belakang penelitian ini muncul dari kesenjangan antara harapan dan kenyataan dalam kehidupan sosial ekonomi keluarga yang ditinggalkan oleh istri atau ibu yang bekerja sebagai TKW di Malaysia, serta pemanfaatan remitansi yang dikirimkan untuk menunjang kehidupan keluarga di daerah asal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kehidupan sosial ekonomi keluarga TKW di Desa Dameka, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kehidupan sosial ekonomi keluarga TKW di lokasi tersebut dengan menggunakan teori Konsumsi Keynes. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada 9 keluarga TKW yang menjadi subjek penelitian, melibatkan 23 informan dari masyarakat setempat termasuk suami TKW, anak TKW, orang tua TKW, adik TKW, dan toko masyarakat di Desa Dameka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remitansi yang dikirimkan oleh TKW kepada keluarga di daerah asal dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, seperti biaya hidup, pendidikan anak, kesehatan keluarga, dan kepemilikan aset di daerah asal. Namun, ada juga temuan bahwa dalam beberapa kasus, peran ibu yang bekerja sebagai TKW dapat menyebabkan anak terlantar pendidikannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa meskipun TKW membantu meningkatkan perekonomian rumah tangga dan kehidupan sosial di daerah asal, mereka juga menghadapi resiko, termasuk pemisahan dengan keluarga. Saran dari peneliti termasuk perlunya mempertimbangkan peran gender dalam keluarga dan menjaga komunikasi terbuka antara keluarga di daerah asal dengan TKW untuk menjaga hubungan yang kuat meskipun berjauhan.

Kata kunci: Kehidupan Sosial Ekonomi, Tenaga Kerja Wanita


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003030089
Dosen Pembimbing
ARIS LAMBE - 196205021990031001 - Dosen Pembimbing 1
Hildigardis M. I. Nahak - 197905012006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aris Lambe - 196205021990031001 - Ketua Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Penguji 1
Yeheskial Adriaan Roen - 198110012009121006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Wer K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA