FUNGSI PEMERINTAH KELURAHAN DAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI KELURAHAN LASIANA DAN KELURAHAN OESAPA KECAMATAN KELAPA LIMA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

FUNGSI PEMERINTAH KELURAHAN DAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI KELURAHAN LASIANA DAN KELURAHAN OESAPA KECAMATAN KELAPA LIMA KOTA KUPANG

XML

ABSTRAK
Fionna Bellania Mooy. Fungsi Pemerintah Kelurahan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dalam pembangunan di Kelurahan Lasiana dan Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Dibimbing oleh : Yosef Mario Monteiro sebagai pembimbing I dan Hernimus Ratu Udju sebagai pembimbing II.

Peran Pemerintah Kelurahan dan Lembaga Pemberdayaan Masyakat (LPM) dalam rangka pembangunan ekonomi masyarakat, sangatlah penting dalam upaya mensejahterahkan masyarakat. Ketentuan Pasal 5 PERDA Kota KupangNomor 9 tahun 2016 tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan menyebutkan bahwa; LPM sebagai mitra Pemerintah dalam membangun ekonomi masyarakat namun dalam tataran implementasi masih dirasakan belum optimal.Permasalahan dalam skripsi ini adalah sejauh mana fungsi Pemerintah Kelurahan dan LPM dalam pembangunan di kelurahan Lasiana dan kelurahan Oesapa.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang berlokasi di Kelurahan Lasiana dan Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang dengan responden dalam penelitian ini yaitu Lurah Oesapa dan Lurah Lasiana, Ketua LPM Kelurahan Lasiana dan Oesapa Serta masyarakat dengan data yang bersumber dari data primer dan sekunder untuk dianalisis menggunakan proses editing,verifikasi dan analisis data secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menemukan bahwa : (a) Program Pembangunan di kelurahan Oesapa yang telah berjalan yaitu : Pembangunan Infrastruktur Lapak Pasar Oesapa, BLT (Bantuan Langsung Tunai), UKM (Usaha Kecil Menengah) dan dana bergulir yang dijalankan yaitu sebesar Rp. 835.750.000sedangkan Program Pembangunan di kelurahan Lasiana yaitu Program Stunting, Kebersihan lingkungan, Program kerja kredit merdeka dan dana bergulir untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat sebesar Rp. 658.000.000; (b) Hal yang menghambat jalannya pembangunan di Kantor Lurah Oesapa dan Kantor Lurah Lasiana yaitu : anggaran yang tersedia belum bisa menjangkau semua kebutuhan pembangunan masyarakat, kordinasi dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di kelurahan Lasiana dan Oesapa dan kordinasi dalam implementasi pelaksanaan program kerja pembangunan perlu adanya kordinasi antara semua pihak terkait, agar dapat meminimalisir kesalahan dan kegagalan program;(c.) Sosialisasi dimana perlu adanya sosialisasi yang berkala dan berkelanjutan agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat; dan (d) sarana prasarana yang tersedia masih belum memadai dan perlu dilakukan perbaikan.
Saran terhadap hasil penelitian ini adalah Kelurahan Lasiana dan Kelurahan Oesapa perlu melakukan strategi agar bisa mendapatkan anggaran yang optimal dan dimanfaatkan sebaik mungkin, dilakukannya penyederhanaan birokrasi, peningkatan sosialisasi terhadap kebijakan pembangunan di Kelurahan Lasiana dan Oesapa, Kota Kupang serta membangun kerja sama antara Pemerintah Kelurahan, LPM dan Pemerintah Kota Kupang untuk membangun atau membawa masyarakat ke arah pembangunan yang lebih baik dengan melaksanakan peningkatan sarana dan prasarana.

Kata Kunci: Fungsi Pemerintah, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat,Pengembangan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fionna Bellania Mooy - Personal Name
Student ID
1902010291
Dosen Pembimbing
YOSEF MARIO MONTEIRO - 19750520 200604 1 001 - Dosen Pembimbing 1
HERMINUS RATU UDJU - 19610428198901001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Ketua Penguji
Josef Mario Monteiro - 197505202006041001 - Penguji 1
Herminus Ratu Udju - 19610428198901001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Moo L
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA