Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya dan Gerak di Kelas IV SDI 2 Loang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya dan Gerak di Kelas IV SDI 2 Loang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa tentang gaya dan gerak. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDI 2 Loang Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data secara kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDI 2 Loang yang berjumlah 26 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI 2 Loang yang berjumlah 15 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang terdiri dari 20 butir soal dengan bentuk pilihan ganda. Hasil perhitungan validitas menunjukkan nilai r_hitung untuk setiap butir soal lebih besar dari r_tabel (0,355) sehingga instrumen soal yang digunakan mendapatkan data valid. Hasil perhitungan reliabilitas butir soal dengan menggunakan rumus KR20 diperoleh r_11 = 0,81 sehingga instrumen soal tersebut dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenis dan uji hipotesis. Hasil perhitungan uji normalitas data pretest = 3,21 < 11,07 sedangkan data posttest = 3,78 < 11,07. Diketahui bahwa data pretest dan posttest hasil belajar siswa memiliki nilai 〖X^2〗_hitung < 〖X^2〗_tabel, sehingga data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenis diperoleh F_hitung = 2,02 < F_tabel = 2,48, sehingga data tersebut bersifat homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung= 12,1 dan t_tabel = 2,14. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima yaitu model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tentang gaya dan gerak di kelas IV SDI 2 Loang.
Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yohana Kornelya Nogo - Personal Name
Student ID
1601140162
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nog P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA