Komunikasi Politik Pada Pemilihan Kepala Desa Tahun 2021 (Studi Tentang Budaya Pahappa Sebagai Media Komunikasi Politik Pada Pemilhan Kepala Desa Di Desa Watu Hadang Kecamatan Umalulu Kabupaten Sumba Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Komunikasi Politik Pada Pemilihan Kepala Desa Tahun 2021 (Studi Tentang Budaya Pahappa Sebagai Media Komunikasi Politik Pada Pemilhan Kepala Desa Di Desa Watu Hadang Kecamatan Umalulu Kabupaten Sumba Timur)

XML

Dalam budaya suku Sumba Pahappa memiliki peranan yang sangat penting sebagai sarana perantara komunikasi antar masyarakat. Menjelang pemilihan Kepala Desa budaya Pahappa yang merupakan suatu komunikasi antar warga dalam berkomunikasi di pulau Sumba mengalami pergeseran makna dari nilai sosial budaya yang ditinggalkan para leluhur menjadi nilai politik di wilayah Desa Watu Hadang Kecamatan Umalulu Kabupaten Sumba Timur. Hal tersebut yang membuat penulis tertarik untuk meneliti judul penelitian ini. Judul penelitian adalah Komunikasi politik pada Pilkades 2021 (Studi Kasus Budaya Pahappa Sebagai Media Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Kepala Desa Di Desa Watu Hadang Kecamatan Umalulu Kabupaten Sumba Timur). Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin menggali bagaimana Pahappa dijadikan sebagai media komunikasi politik dalam Pemilihan Kepala Desa, serta peneliti juga ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat kemenangan Kepala Desa Watu Hadang dengan menggunakan Pahappa sebagai media dalam komunikasi politik. Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Politik yang di dalamnya terdapat lima indicator antara lain : Komunikator Politik, Pesan Politik, Saluran atau Media Politik, Sasaran atau Target Politik dan Pengaruh atau Efek Komunikasi Politik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara kepada Kepala Desa Watu Hadang terpilih, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk memenangkan pemilihan Kepala Desa diperlukan adanya strategi pemenangan. Selain strategi pemenangan dalam penelitian ini adalah Peran Budaya Pahappa sebagai media komunikasi politik. Bagaimana peran Pahappa sebagai bentuk kehormatan secara budaya yang digunakan dalam ajang pemilihan agar menjadi nilai tambah secara budaya. Budaya yang sangat melekat erat dengan masyarakat Desa Watu Hadang. Pahappa juga merupakan bentuk penerimaan dan penghormatan dari tuan rumah terhadap tamu, begitu pun sebaliknya. Salah satu instrumen adat yang paling penting, jika kegiatan atau ritual adat dilaksanakan tanpa adanya Pahappa, maka kegiatan tersebut tidak bisa dilaksanakan.


Kata Kunci: Komunikasi Politik, Pemilihan Kepala Desa, Budaya Pahappa.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Yakobus Tamu Ama - Personal Name
Student ID
1903040139
Dosen Pembimbing
Rex Tiran - 199111292019031013 - Dosen Pembimbing 1
YEFTHA SABAAT - 198905062019031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rex Tiran - 199111292019031013 - Ketua Penguji
YEFTHA SABAAT - 198905062019031003 - Penguji 1
Dr. Mas’amah, S.Pd.,M.Si - 19790617 200801 2 020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA