PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA SUB TEMA ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN SISWA KELAS V SDI BOKING KAB. TTS

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA SUB TEMA ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN SISWA KELAS V SDI BOKING KAB. TTS

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Big Book dalam Meningaktkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA Sub tema Zat Tunggal dan Campuran Siswa Kelas V SDI Boking KAB TTS”. Rumusan masalah Penelitian ini adalah : Bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Big Book tentang Zat Tunggal dan Campuran kelas V SDI Boking?. Bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Big Book tentang Zat Tunggal dan Campuran kelas V SDI Boking. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research And Development) dengan mengacu pada model 4D yaitu Define ( Pendefenisian), Design (Perencanaan), Devalopment (Pengembangan), Dessemination (Penyebaran). Subjek penelitian media Big Book ini adalah ahli materi, ahli media, praktisi, dan siswa-siswi yang terbagi menjadi dua kelompok subjek uji coba yakni uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Teknik pengumpulan data dilakukan denngan menggunakan kuesioner (instrument nontes) untuk mendapatkan data kevalidan dan kepraktisan produk, pretest-postest ( instrument tes) untuk mendapatkan data keefektifan produk, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media Big Book “sangat valid” dengan nilai validasi ahli media 97%, nilai validasi ahli materi 98,5% dan untuk presentase akhir yang didapatkan adalah 98%. Hasil penilaian dari praktisi 98,63% dan siswa 95% dengan rata-rata presentase akhir 96,81% maka dinyatakan media Big Book “ sangat praktis” untuk digunakan. Serta dengan berdasarkan hasil nilai pretest-posttest terdapat peningkatan 85%. Hasil awal pretest adalah 15% dan hasil posttest 100% dengan rata-rata persentase nilai N-Gain adalah 80% dan dinyatakan “ Efektif” Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media Big Book valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.

Kata Kunci: Media, Big Book, Keterampilan Berpikir Kreatif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1801140033
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Att P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA