PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ANCHORET INSTRUCTION DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 7 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ANCHORET INSTRUCTION DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 7 KUPANG

XML

Penelitian dengan judul “Perbandingan Model Pembelajaran Anchored Instruction Dan Problem Based Learning Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Kupang” memiliki tujuan yaitu (1) Mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Anchored Instruction dan model pembelajaran Problem Based Learnng. (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas X Semester genap. Model pembelajaran Anchored Instruction diterapkan pada kelas eksperimen I yaitu kelas X B dan model pembelajaran Problem Based Learning diterapkan pada kelas eksperimen II yaitu kelas X D dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas 20 siswa. Desain yang digunakan adalah desain eksperimen murni. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji hogenitas, dan uji t. pengolahan data dilakukan dengan program SPSS versi 16,0. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Anchored Instruction dan model pembelajaran Problem Based Learning serta hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Anchored Instruction lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji hipotesis dimana nilai thitung = 6,862 ≥ ttabel = 2,024, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan memanfaatkan model pembelajaran Anchored Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 7 Kupang, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen I (XB) dengan penggunaan model pembelajaran Anchored Instruction dan kelas eksperimen II (XD) dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning.

Kata Kunci: Anchored Instruction, Problem Based Learning, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
THENSI HOSAHORI MOY - Personal Name
Student ID
1601050007
Dosen Pembimbing
Amiruddin Supu - 196703111994031001 - Dosen Pembimbing 1
Vinsesnsius Lantik - 1979012920008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Amiruddin Supu - 196703111994031001 - Ketua Penguji
Vinsesnsius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 1
Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Moy P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA