Skripsi
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ANCHORET INSTRUCTION DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 7 KUPANG
XMLPenelitian dengan judul “Perbandingan Model Pembelajaran Anchored Instruction Dan Problem Based Learning Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Kupang” memiliki tujuan yaitu (1) Mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Anchored Instruction dan model pembelajaran Problem Based Learnng. (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas X Semester genap. Model pembelajaran Anchored Instruction diterapkan pada kelas eksperimen I yaitu kelas X B dan model pembelajaran Problem Based Learning diterapkan pada kelas eksperimen II yaitu kelas X D dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas 20 siswa. Desain yang digunakan adalah desain eksperimen murni. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji hogenitas, dan uji t. pengolahan data dilakukan dengan program SPSS versi 16,0. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Anchored Instruction dan model pembelajaran Problem Based Learning serta hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Anchored Instruction lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji hipotesis dimana nilai thitung = 6,862 ≥ ttabel = 2,024, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan memanfaatkan model pembelajaran Anchored Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 7 Kupang, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen I (XB) dengan penggunaan model pembelajaran Anchored Instruction dan kelas eksperimen II (XD) dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning.
Kata Kunci: Anchored Instruction, Problem Based Learning, hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
THENSI HOSAHORI MOY - Personal Name
|
Student ID |
1601050007
|
Dosen Pembimbing |
Amiruddin Supu - 196703111994031001 - Dosen Pembimbing 1
Vinsesnsius Lantik - 1979012920008121001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Amiruddin Supu - 196703111994031001 - Ketua Penguji
Vinsesnsius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 1 Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Moy P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |