Skripsi
Hubungan Asupan Gizi dan IMT Dengan Kejadian Dismenore Pada Remaja Putri di SMA Negeri 1 Nubatukan Kabupaten Lembata
XMLDismenore adalah nyeri atau kram yang dialami saat menstruasi akibat ketidakseimbangan hormon dalam darah. Ketidakseimbangan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya indeks massa tubuh, asupan gizi seperti energi, protein, fe dan penyakit infeksi. Nyeri yang tak tertahankan dapat berdampak buruk pada tergganggunya aktivitas sehari-hari serta dapat menurunkan produktivitas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan asupan energi, protein, fe dan IMT terhadap kejadian dismenore pada remaja putri di SMA Negeri 1 Nubatukan Kabupaten Lembata. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 133 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dimana akan diambil sampel pada beberapa kelas yang telah ditentukan. Hasil uji statistik menunjukkan asupan energi tidak mempunyai hubungan dengan kejadian dismenore, sedangkan asupan protein dan fe diketahui berhubungan dengan terjadinya disnenore (nilai p-value protein sebesar 0,006 dan p-value fe sebesar 0,004. IMT mempunyai hubungan dengan kejadian dismenore dengan nilai p-value= 0,014.
Kata Kunci: Dismenore, asupan zat gizi, IMT
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Magdalena Ina Bewa - Personal Name
|
Student ID |
1707010184
|
Dosen Pembimbing |
Anna H. Talahatu - 198103122008012016 - Dosen Pembimbing 1
Daniela L. A. Boeky - 198810072014042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Anna Henny Talahatu - 198103132008012016 - Ketua Penguji
Daniela L. A. Boeky - 198810072014042001 - Penguji 1 Marselinus Laga Nur - 198303072006041011 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
132.01 Bew H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |