Skripsi
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMARASI SELATAN
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak implementasi model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pengkatan hasil belajar siswa pada materi Sistem Gerak Pada Manusia kelas XI SMA Negeri 1 Amarasi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 31 januari 2024 di SMA NEGERI 1 AMARASI SELATAN.
Penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilakukan secara sikluitas melalui beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Data dalam penelitian ini di analisis menggunakan uji aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data siklus 1, rata- rata kelas pada ujia aktivitas peseta didik mencapai 3,06 dengan presentas 76,56% dan pada siklus II 3,56 dengan presntase 89,06%. Pada uji keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran rata- rata mencapai 3,12 dengan presentase 78,12% dan siklus II dengan rata-rata 3,68 dengan presentase 92,18%. Hasil belajar pserta didik pada siklus 1 74,88 dengan prsentase 76,9 % dan pada siklus II meningkat hingga rata-rata 85,11 dengan presntase 92,3%. Hal ini menunjukan bahwa implementasi mosel pembelajaran Problem Based Learning berhasil menigkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Problem Based Learning.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Erlin Foeh - Personal Name
|
Student ID |
1701040124
|
Dosen Pembimbing |
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
PAULUS TAEK - - Ketua Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 1 Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 FOE I
|
Copyright |
individu penulis
|
Doi |