PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTROMING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 9 “KAYANYA NEGERIKU” SUB TEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD GMIT AIRNONA 2

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTROMING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 9 “KAYANYA NEGERIKU” SUB TEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD GMIT AIRNONA 2

XML

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Brainstroming. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi dan tes. Jumlah subjek penelitian 24 orang siswa dengan teknik analisis data mencapai persen (%). Penelitian ini diadakan di SD GMIT Airnona 2 dengan hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, 11 orang siswa (46%) dinyatakan tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, suka bekerja sama dalam kelompok, melaporkan hasil diskusi, tidak bermain, menyelesaikan soal tes dengan benar, sedangkan yang tidak tuntas 13 orang siswa (54%) karena suka bermain, menganggu teman pada saat pelajaran berlangsung, tidak mau bekerjasama dalam kelas, tidak mau melaporkan hasil diskusi, asik dengan dirinya sendiri pada saat pelajaran berlangsung, belum menguasai permainan dalam Brainstroming, belum mampu menyelesaikan soal tes. Kekurangan guru yakni guru belum membimbing siswa pada saat diskusi kelompok, guru belum mampu memahami metode pembelajaran Brainstroming dengan baik. Selanjutnya siklus II dari 24 orang siswa yang dinyatakan tuntas berjumlah 21 (88%) orang siswa karena tidak lagi suka bermain, tidak lagi menganggu teman pada saat pelajaran berlangsung, mau bekerjasama dalam kelas, mau melaporkan hasil diskusi, tidak lagi asik dengan dirinya sendiri pada saat pelajaran berlangsung, mampu menguasai permainan dalam Brainstroming, mampu menyelesaikan soal tes dengan benar. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang kayanya negeriku menggunakan metode pembelajaran Brainstroming dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Brainstroming, Kayanya Negeriku, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Endrique Yoanna Gale Gah - Personal Name
Student ID
1801140029
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Gah P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA