PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI EONFETNAI KABUPATEN TTS TAHUN 2023/2024

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI EONFETNAI KABUPATEN TTS TAHUN 2023/2024

XML

Masalah penelitian yakni pembelajaran berpusat pada guru, siswa mudah merasa bosan dan jenuh, kegiatan siswa dalam kelas sebatas mengerjakan dan menyelesaikan tugas dan tidak terlibat dalam kegiatan pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri
Eonfetnai pada pembelajaran matematika tentang pecahan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 21 orang siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukkan bahwa presentase ketuntasan untuk aktivitas siswa siklus I sebesar 29% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Kemudian presentase untuk aktivitas guru siklus I sebesar 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 62,61 dengan presentase ketuntasan sebesar 48% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,28 dengan presentase ketuntasan 86%.

Kata Kunci: model pembelajaran, kontekstual, hasil belajar.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Elfiera K.N. Naitboho - Personal Name
Student ID
1901140305
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Ketua Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nai P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA