UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn TENTANG POLA HIDUP GOTONG ROYONG MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SD INPRES PERUMNAS 2

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn TENTANG POLA HIDUP GOTONG ROYONG MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SD INPRES PERUMNAS 2

XML

Tujuan yang akan dicapai dalam penilitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Inpres Perumnas 2 Melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Perumnas 2yang berjumlah 16 orang yakni 7 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Perumnas 2 dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa siklus I dari 16 orang yang tuntas 11 orang (68,75%), tuntas karena guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkahlangkah model kooperatif Learning tipe Make a Match, didukung dengan aktivitas siswa yang memperhatikan penjelasan materi dari guru, aktif berdiskusi dalam kelompok dan mengerjakan LKPD, yang tidak tuntas 5 orang (31,25%), tidak tuntas karena guru masih terburu-buru dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, guru belum mengorganisasikan siswa kedalam kelompok secara baik seseuai keberagaman dalam kelas, dan siswa kurang memperhatikan penjelasan materi dari guru, tidak aktif berdiskusi dalam kelompok dan belum mengerjakan LKPD dengan baik, belum mengerjakan soal evaluasi dengan tepat. Siklus II yang tuntas 15 orang (93,75%) tuntas karena guru sudah menjelaskan materi secar baik, guru sudah mampu menguasai kelas, guru sudah mengorganisasikan siswa kedalam kelompok secara baik sesuai keberagaman siswa menyimak dan memperhatiakn penjelasan materi dari guru, siswa aktif
dalam melakukan diskusi kelompok, mengerjakan LKPD dan soal evaluasi dengan baik, yang tidak tuntas 1 orang (6,25%) tidak tuntas karena siswa kurang menyimak dan memperhatikan penjelasan materi dari guru, siswa tidak afektif melakukan diskusi kelompok, siswa belum afektif mengerjakan LKPD dan soal evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Pola Hidup Gotong Royong kelas IV SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus I 11orang (68,75%) yang tuntas dan siklus II 15 orang (93,75%) yang tuntas.

Kata kunci: Kooperatif tipe Make a Match, Pola Hidup Gotong Royong Hasil Belaja


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Josua Tusi - Personal Name
Student ID
1901140249
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tus U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA