Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja Pegawai pada BPK Perwakilan Provinsi NTT

Detail Cantuman

Tesis

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja Pegawai pada BPK Perwakilan Provinsi NTT

XML

Penelitian dilakukan di BPK Perwakilan Provinsi NTT. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, pembinaan pegawai, komunikasi, lingkungan kerja, kepuasan kerja, budaya kerja dan kesejahteraan terhadap semangat kerja pegawai pada BPK Perwakilan Provinsi NTT. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Slovin. Dari 197 pegawai (populasi), 134 pegawai yang dijadikan sebagai sampel. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner. Kuesioner diukur menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel kepemimpinan, komunikasi dan kesejahteraan pegawai berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja; (2) pembinaan pegawai; lingkungan kerja, kepuasan kerja, budaya kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja; (3) kepemimpinan, pembinaan pegawai, komunikasi, lingkungan kerja, kepuasan kerja, budaya kerja dan kesejahteraan pegawai secara simultan berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja sebesar 59,3%, sedangkan sisanya 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar peningkatan potensi pegawai pada BPK Perwakilan Provinsi NTT dapat ditingkatkan melalui variabel yang berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja, diantaranya: (1) kepemimpinan serta komitmen semua unsur terkait dalam melaksanakan program kerja; (2) komunikasi yang baik perlu dibangun dalam lingkungan kerja, sehingga memberikan arah yang jelas dalam mencapai tujuan, visi dan misi; (3) peningkatan kesejahteraan pegawai harus dipertahankan dan ditingkatkan. Penelitian ini juga menyarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan tujuan agar dapat meningkatkan semangat kerja pegawai BPK RI Perwakilan NTT melalui variabel yang belum memberi pengaruh secara signifikan, yaitu pembinaan pegawai, lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan budaya kerja.

Kata Kunci: Semangat Kerja, Kepemimpinan, Pembinaan Pegawai, Komunikasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Budaya Kerja, Kesejahteraan Pegawai


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
wilmart gultom - Personal Name
Student ID
2211022005
Dosen Pembimbing
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
PETRUS EMANUEL DE ROZARI - 196307031989011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Ketua Penguji
Melkisedek N.B.C. Neolaka - 196205191989011001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
63001
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Publik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
631.01 Gul W
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA