Karakter Aktor Pelaksana Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Dalam Pelayanan Pendidikan Menengah (Studi Pada SMA Berkinerja Baik Dan Buruk Di Kota Kupang)

Detail Cantuman

Tesis

Karakter Aktor Pelaksana Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Dalam Pelayanan Pendidikan Menengah (Studi Pada SMA Berkinerja Baik Dan Buruk Di Kota Kupang)

XML

Tidak semua satuan pendidikan mampu melaksanakan pendidikan yang bermutu. Banyak faktor yang menjadi kendala dan hambatan sehingga banyak satuan pendidikan yang tidak mampu menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas oleh karena itu penelitian ini ingin menganalisis perihal karakter aktor pelaksana sistem penjaminan mutu internal (SPMI) dalam pelayanan pendidikan menengah (studi pada SMA berkinerja baik dan buruk di Kota Kupang).
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berlokasi di SMA berkinerja baik dan buruk di Kota Kupang dengan informan berjumlah 81 orang. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana (2014) yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification).
Teori stakeholder Bryson (2004) dengan pendekatan grid level two-by-two matrix yaitu subjets, players, context setters dan crowd yang digunakan menemukan (1) aktor guru dan ketua komite sama-sama berada pada grid level subjects, yaitu memiliki high interest – low power dikarenakan aktor ini tidak cukup memahami eksistensinya dalam TPS/TPK, SK pembentukan Tim yang masih sebatas pada pemenuhan syarat administrasi sekolah, juga karena mereka berada dalam kendali kepala sekolah sehingga walaupun interest aktor ini tinggi namun power rendah; (2) pengawas pembina (unsur dinas pendidikan provinsi) dan kepala sekolah berada pada level players yaitu memiliki high interest – high power namun tidak full power karena keduanya memiliki keterbatasan pengetahuan dan pemahamannya tentang SPMI juga kurangnya sinergi diantara mereka; (3) tidak ada aktor yang berada pada grid level context setters, memiliki low interest – high power karena tidak ada aktor di internal sekolah yang perhatian atau minatnya rendah sedangkan kekuatan atau kewenangannya tinggi; dan (4) pegawai tata usaha sekolah, peserta didik dan orang tua/wali lebih berada pada level sebagai crowd dimana memiliki low interest – low power karena selain pengetahuan dan pemahaman SPMI yang terbatas juga tidak terlibat dan lebih dikendalikan kepala sekolah. Temuan-temuan ini tidak berkesuaikan dengan ketentuan regulasi juga klaim teori stakeholder dan masyarakat.
Implikasi teoritisnya adalah model grid level dalam teori stakeholder Bryson (2004) kurang relevan digunakan dalam analisis karakter aktor internal terutama bagi grid level context setters yaitu karakter low interest – high power dan akan relevan bagi analisis karakter aktor eksetrnal. Sedangkan implikasi praktiknya adalah siklus SPMI sebagai media tata kelola penjaminan mutu internal di satuan pendidikan SMAN 2 Kupang dan SMAN 6 Kupang hanya terlaksana 9% sehingga berdampak pada mutu pelayanan pendidikan menjadi tidak optimal 91%. Oleh karenanya riset ini menemukan adanya kebutuhan untuk menerapkan spektrum partisipasi Nabatchi (2010) dalam mendorong keterlibatan aktif semua aktor pelaksana internal baik TPS dan TPK serta mewajibkan satuan pendidikan untuk memberdayakan Tim sebagai upaya pembenahan berkelanjutan sesuai kebutuhan dan karakterisitik masing-masing satuan pendidikan.

Kata Kunci: Karakter, Aktor, Pendidikan, SPMI


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Isak Bana - Personal Name
Student ID
2011020016
Dosen Pembimbing
Nursalam - 19641009 199103 1 002 - Dosen Pembimbing 1
Laurensius P. Sayrani - 197802052006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Penguji 1
Pius Bumi Kellen - 196009031987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63101
Edisi
Published
Departement
FISIP/Magister Ilmu Administrasi
Kontributor
Laurensius P. Sayrani - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Ban K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA