Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD INPRES TENUBOT ATAMBUA
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Tenubot Atambua. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen Quasi Experimental Design berbentuk Nonequivalent Control Group Design, penelitian ini melibatkan dua kelas yang berbeda sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam pebelitian ini adalah Tes dan Observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Inferensial yang berguna untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t (t-test) dengan bantuan software SPSS seri 22 for windows. Berdasarkan hasil perhitungan data maka dapat disimpulkan berdasarkan hasil fakta yang telah dilakukan oleh peneliti pada kelas Eksperimen (VA) dengan perolehan peningkatan hasil belajar sebesar 17,59 dengan nilai ratarata pretest = 41,03 dan nilai rata-rata posttets = 58,62. Sedangkan pada kelas Kontrol (VB) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 10, dengan nilai rata-rata pretest = 45,81 dan nilai rata-rata posttest = 55,81. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VA dan kelas VB.
Kata kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, Hasil Belajar, peningkatan
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Dela Rosari Dokainubun - Personal Name
|
Student ID |
1901140256
|
Dosen Pembimbing |
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Marsi D. S. Bani - 198203142008121001 - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Dok P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |