ANALISIS PENGARUH VARIASI STIMULUS GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII MIA DI SMA NEGERI 9 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PENGARUH VARIASI STIMULUS GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII MIA DI SMA NEGERI 9 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi stimulus yang diberikan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di dalam kelas. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas, ditunjukkan dengan adanya siswa yang malas untuk menjawab pertanyaan guru secara langsung, tidak mau bertanya ketika belum memahami materi yang sudah dijelaskan dan malas membaca buku. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 85 orang dan satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII MIA 1 dan 2 di SMA Negeri 9 Kota Kupang dibuktikan dengan t hitung ≥ t tabel yaitu 0,057 ≥ 0,055 dan nilai signifikansi lebih dari 0,005. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan atau Ha diterima secara parsial terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas yaitu variasi stimulus guru berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII MIA 1 dan 2 di SMA Negeri 9 Kota Kupang. Sehingga peran guru sangat penting dalam menerapkan berbagai variasi stimulus yang baik dan tepat untuk keberlangsungan proses pembelajaran di dalam kelas khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Variasi Stimulus, Aktivitas Belajar, Bahasa Indonesia


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
IRNANDA PUTRI HABA LAKI - Personal Name
Student ID
2001010022
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Margareta P. E. Djokaho - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Margareta P. E. Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 1
I Nyoman Reteq - 196001081986011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Lak A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA