Penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Scavenger Hunt untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Kupang Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Scavenger Hunt untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Kupang Timur

XML

Julian Hermando Rocky, NIM 1901090111 menulis skripsi ini dengan judul Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Media Scavenger Hunt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 3 Kupang Timur. Masalah dalam penelitian adalah Bagaimana cara penerapan model kooperatif tipe teams games tournament dengan media scavenger hunt untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Kupang Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar sejarah dengan menerapkan model kooperatif tipe teams games tournament dengan media scavenger hunt. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah langkah dalam PTK adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi secara deskriptif kualitatif dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukan dari hasil observasi dan analisis siswa sebelum menerapkan model kooperatif tipe TGT Scavenger hunt dari 35 siswa terdapat 15 orang tuntas dengan presentase (42,85%) sedangkan 20 orang belum tuntas dengan presentase (57,14%) . Hasil tes siklus I terdapat 21 orang tuntas dengan presentase (60%) sedangkan siswa tidak tuntas sebanyak 14 orang dengan presentase (40%). Ketuntasan belajar terjadi apabila nilai lebih mencapai KKM ≥ 75. Dari hasil refleksi siklus I ketuntasan belajar siswa belum tercapai. Sehingga peneliti melanjutkan ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis diketahui dari 35 siswa mengikuti evaluasi tes siklus II terdapat 29 orang tuntas dengan presentase (83%) Dari hasil tersebut peneliti menyatakan penelitian tindakan kelas dihentikan karena target ketuntasan telah tercapai dan disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe teams games tournament dengan media scavenger hunt dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Kupang Timur.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Julian Hermando Rocky - Personal Name
Student ID
1901090111
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
STEVRIDAN YANTUS NEOLAKA - 199309242019031010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Ketua Penguji
STEVRIDAN YANTUS NEOLAKA - 199309242019031010 - Penguji 1
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 2
Stevridan Yantus Neolaka,S.Pd.,M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Jul R
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA