Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia Di Sma Pgri Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia Di Sma Pgri Kupang

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA PGRI Kupang dan Bagaimana respon peserta didik terkait implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA PGRI Kupang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuiimplementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA PGRI Kupang dan Mengetahui bagaimana respon peserta didik terkait implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA PGRI Kupang.Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu mengubah data menjadi temuan dimana tiada alat ukur untuk mengetahui validitas dan realibilitas. Dengan komponen, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwaImplementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah dI SMA PGRI Kupang sudah dilaksanakan. Pada Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) yang didalamnya memuat nilai-nilai karakter yang dikembangkan oleh guru. Kemudian pada tahap proses pembelajaran/pelaksanaan dilakukan pada kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Tahap pendahuluan yang dilakukan guru adalah berdo’a, mengkondisikan lingkungan kelas dan peserta didik, mengecek kehadiran peserta didik, kemudian pemberian motivasi.Tahap inti guru menyisipkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan materi pergerakan nasional yaitu Cinta tanah air, Nasionalisme, Rela berkorban, Persatuan dan kesatuan dan jiwa patriotisme.Selama peserta didik melakukan pembelajaran dan penugasan/pelatihan terkait materi pergerakan nasional Penugasan berupa tugas individu maupun kelompok.Tahap penutup guru memberikan kesimpulan dan refleksi diakhir pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan guru

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Respon Peserta Didik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Harun Bagaihing - Personal Name
Student ID
1909090108
Dosen Pembimbing
Andereas Ande - - Dosen Pembimbing 1
susilo setyo utomo - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransina A. Ndoen - - Ketua Penguji
Andereas Ande - - Penguji 1
susilo setyo utomo - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Har B
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA