PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP SWASTA ANGKASA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP SWASTA ANGKASA KUPANG

XML

Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Februari tahun ajaran 2023/2024. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Swasta Angkas Kupang pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A yang berjumlah 22 orang, terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup data observasi aktivitas guru dan peserta didik, data tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan data observasi aktivitas belajar pesrta didik diperoleh pada siklus I rata-rata skor 3,00 dengan persentase 75,05% kriteria baik meningkat pada siklus II yakni Skor rata-rata 3,52 dengan persentase 88,05% kriteria baik. Dan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I rata-rata skor 3,41 dengan persentase 85,16% pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata skor 3,69 persentase 92,19% dengan kategori sanagat baik dan kulifikasi berhasil. Pada hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 67,45 persentase 45,45% mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 81,73 persentase86,36% dengan kategori baik dan kulifikasi tuntas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Swasta Angkas Kupang pada materi klasifikasi makhluk hidup.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi klasifikasi Makhluk Hidup


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901040048
Dosen Pembimbing
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 1
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULUS TAEK - - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Gor P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA