Skripsi
Analisis Miskonsepsi Materi Alat Optik pada Siswa SMA Negeri 1 Kupang dan Siswa SMA Negeri 6 Kupang
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran miskonsepsi materi alat optik dan faktor penyebabnya pada 30 siswa SMA N 1 Kupang dan 26 siswa SMA N 6 Kupang yang dipilih berdasarkan teknik pengambilan sampel. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan tes diagnostik jenis three tier test untuk memperoleh data miskonsepsi siswa berdasarkan indikator soal alat optik yang diujikan serta menggunakan angket dan wawancara untuk mengetahui faktor penyebab miskonsepsi siswa. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa siswa SMA N 1 Kupang mengalami miskonsepsi materi alat optik sebesar 30% dan siswa SMA N 6 Kupang mengalami miskonsepsi materi alat optik sebesar 58,9%. Faktor penyebab miskonsepsi pada siswa SMA N 1 Kupang dan siswa SMA N 6 Kupang yaitu prakonsepsi yang salah, kemampuan dan minat siswa pada materi alat optik yang kurang, proses pembelajaran secara daring, istilah pada materi alat optik yang asing, buku sumber yang digunakan, dan metode mengajar guru.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Alat Optik, dan Tes diagnostik Three Tier Test.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Claudia Puspita Mea - Personal Name
|
Student ID |
1701050035
|
Dosen Pembimbing |
FAKHRUDDIN - 196812261994031002 - Dosen Pembimbing 1
HERRY FRIDOLIN LALUS - 198812202018031001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Mea A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |