PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS STEM TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS STEM TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dan peningkatan Model Pembelajaran creative problem solving berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design yang dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP negeri 5 kota kupang
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi sains peserta didik saat pretest di kelas kontrol menghasilkan persentase 39,57% dan berada pada kategori sangat rendah dan di kelas eksperimen dengan rata-rata 36,80% berada pada kategori sangat rendah juga, kemudian diberikan perlakuan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran problem based learning dan memperoleh nilai posttest dengan persentase sebesar 61,83% dan dikategorikan pada Tingkat sedang, sedangkan pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran pembelajaran creative problem berbasis STEM memperoleh nilai posttest dengan rata-rata persentase sebesar 76,23% dan berada pada kategori tinggi.
Dari perhitungan uji hipotesis yaitu uji t one sample t-test diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan STEM terhadap literasi sains peserta didik khususnya di SMP Negeri 5 Kupang kelas VIII semester genap tahun ajaran 2023/2024. Dikatakan terdapat pengaruh jika t_(hitung )>t_tabel . Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis yang menunjukkan t_(hitung ) sebesar 22,464 dan t_tabel sebesar 1,699127.


Kata Kunci : Creative Problem Solving (CPS), Literasi Sains, dan STEM


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Ferni Suryani - Personal Name
Student ID
2001050056
Dosen Pembimbing
Jannes Bastian Selly - 19920604 202203 1 007 - Dosen Pembimbing 1
Welhelmina Kameo- 199304182024212054 - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Jannes Bastian Selly - 19920604 202203 1 007 - Penguji 1
Welhelmina Kameo 199304182024212054 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Program Studi Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 SUR
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA