Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS STEM TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dan peningkatan Model Pembelajaran creative problem solving berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design yang dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP negeri 5 kota kupang
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi sains peserta didik saat pretest di kelas kontrol menghasilkan persentase 39,57% dan berada pada kategori sangat rendah dan di kelas eksperimen dengan rata-rata 36,80% berada pada kategori sangat rendah juga, kemudian diberikan perlakuan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran problem based learning dan memperoleh nilai posttest dengan persentase sebesar 61,83% dan dikategorikan pada Tingkat sedang, sedangkan pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran pembelajaran creative problem berbasis STEM memperoleh nilai posttest dengan rata-rata persentase sebesar 76,23% dan berada pada kategori tinggi.
Dari perhitungan uji hipotesis yaitu uji t one sample t-test diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan STEM terhadap literasi sains peserta didik khususnya di SMP Negeri 5 Kupang kelas VIII semester genap tahun ajaran 2023/2024. Dikatakan terdapat pengaruh jika t_(hitung )>t_tabel . Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis yang menunjukkan t_(hitung ) sebesar 22,464 dan t_tabel sebesar 1,699127.
Kata Kunci : Creative Problem Solving (CPS), Literasi Sains, dan STEM
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Ferni Suryani - Personal Name
|
Student ID |
2001050056
|
Dosen Pembimbing |
Jannes Bastian Selly - 19920604 202203 1 007 - Dosen Pembimbing 1
Welhelmina Kameo- 199304182024212054 - - Dosen Pembimbing 1 |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Jannes Bastian Selly - 19920604 202203 1 007 - Penguji 1 Welhelmina Kameo 199304182024212054 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Program Studi Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 SUR
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |