Pengendalian Kualitas Produk Bata Merah Pada UMKM Pamala Di Nangalili, Kecamatan Lembor Selatan Kabupaten Manggarai Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Pengendalian Kualitas Produk Bata Merah Pada UMKM Pamala Di Nangalili, Kecamatan Lembor Selatan Kabupaten Manggarai Barat

XML

Penelitian ini bersifat studi kasus dengan objek penelitian pada UMKM Pamala yang berlokasi di Nangalili Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat. Adapun masalah dalam penelitian adalah pengendalian kualitas yang belum begitu optimal sehingga membutuhkan analisis untuk memperbaiki kualitas dari produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan kualitas produk bata merah, untuk membuat bata merah yang di produksi lebih baik dan berkualitas. Serta untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab cacat produk dan cara mengurangi kerusakan produk bata merah. dari produk data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan kuisioner. dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data yang bersifat kualitatif akan dianalisis secara deskriptif yaitu pada sejarah, gambaran dari produk bata merah dan gambaran perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah diagram pareto dan fishbone, langkah selanjutnya mencari faktor-faktor yang menjadi faktor penyebab terjadinya kerusakan pada produk dan selanjutnya disusun sebuah usulan perbaikan. Hasil dari penelitian ini menunjuka bahwa pengendalian kualitas produk Bata merah pada UMKM Pamala masih ada yang belum terkendali. Kriteria atau spesifikasi kualitas produk didasarkan pada tiga jenis kecacatan yaitu pada retak,patah,dan warna tidak sesuai, bata merah dengan kondisi retak,patah,dan warna tidak sesuai karena kelalaian dan kurang teliti dari tenaga kerja sehingga menyebapkan retak, patah, dan warna tidak sesuai, dengan jumlah kecacatan produk selama tahun 2023 yaitu sebanyak 10.450 dengan persentase 14,51%. Dari hasil wawancara dan pengamatan dilapangan maka faktor-faktor yang menjadi penyebab kecacatan ini adalah faktor manusia, peralatan dan metode kerja. Oleh karena itu untuk mengurangi cacat produk perlu adanya usulan tindakan perbaikan bagi perusahaan berdasarkan besar kecilnya biaya yang dikeluarkan dan perbaikan yang mendesak.

Kata Kunci: Pengendalian,Kualitas,Produk


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FLORIDA RISTA - Personal Name
Student ID
2003020023
Dosen Pembimbing
YOHANIS S. SARONG - 196406151990031005 - Dosen Pembimbing 1
Yoseba Pulinggomang - 196210301987022001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
YOHANIS S. SARONG - 196406151990031005 - Ketua Penguji
Yoseba Polinggomang - 196210301987022001 - Penguji 1
Lukas J B B Hattu - 196106261988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 RIS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA