Respon Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana Terkait Pengembangan Media Pembelajaran Setelah Mengikuti Mata Kuliah ICT

Detail Cantuman

Skripsi

Respon Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana Terkait Pengembangan Media Pembelajaran Setelah Mengikuti Mata Kuliah ICT

XML

Penggunaan teknologi informasi telah menjadi kebutuhan pokok dalam berbagai aspek kehidupan pada zaman ini, sehingga teknologi menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak dapat dihindari dan berdampak pada pendidikan. Penerapan teknologi pada bidang pendidikan memberikan kontribusi bagi perkembangan teknologi pembelajaran, salah satunya melalui media-media pembelajaran berbasis ICT. Salah satu cara agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik yaitu melalui pendidikan salah satu contohnya pada mata kuliah Information and Communication Technology. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui respon mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana terkait pengembangan media pembelajaran setelah mengikuti mata Kuliah Information and Communication Technology.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pengambilan data melalui kuesioner yang berisi pernyataan dari tiga aspek respon, yaitu respon pengetahuan dan keterampilan, respon penggunaan, respon keterlibatan. Kuesioner menggunakan skala likert dengan alternatif jawaban sangat tidak setuju, tidak setuju, cukup setuju, setuju, dan sangat setuju serta jumlah responden 80 orang mahasiswa. Selanjutnya, data tersebut akan diolah dan hasilnya menggunakan Micrososft Excel dan SPSS versi 26.
Hasil penelitian, menunjukan bahwa respon mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Nusa Cendana terkait pengembangan media pembelajaran berbasis ICT secara umum menunjukkan respon yang sangat baik atau positif dengan rata-rata 81,43%. Respon dari responden termasuk kategori sangat baik tercermin dari setiap indikator pernyataan dalam kuesioner. Respon tertinggi terdapat pada indikator pengetahuan tentang media pembelajaran berbasis ICT yakni 82,79%. Hal ini tentunya didukung oleh pengetahuan yang dimiliki mahasiswa yang diperoleh melalui proses perkuliahan, juga didukung oleh pengalaman mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari dan pengetahuan yang didapat diluar proses perkuliahan.

Kata Kunci: Respon, Pengembangan Media Pembelajaran, Information and Communication Technology.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA APRIANI DAMAI - Personal Name
Student ID
2001040028
Dosen Pembimbing
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 1
Maryanto C. Honin - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Ketua Penguji
PAULUS TAEK - - Penguji 1
Maryanto C. Honin - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 DAM R
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA