Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMPK Giovanni Kupang
XMLPenelitian ini dilaksanakan pada tanggal 06 April sampai tanggal 17 April tahun ajaran 2024 di SMPK Giovanni Kupang. Tujuan dilaksankan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan di SMPK Giovanni Kupang.
Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Dan Taggart yang dilaksanakan secara siklusitas melalui beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap pelaksanan tes, tahap analisis data, tahap indikator keberhasilan dan tahap refleksi & tindak lanjut. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VII B SMPK Giovanni Kupang dengan jumlah 28 orang.
Dari hasil analsis data pada siklus I, rata-rata kelas pada uji aktivitas peserta didik mencapai 15,5 dengan presentase 55,3% dan pada siklus II rata-rata mencapai 26,25 dengan presentase 93,7%. Pada uji keterampilan guru pada siklus I rata-rata mencapai 33 dengan presentase 75% dan pada siklus II rata-rata mencapai 89,7%. Hasil belajar peserta didik siklus I mencapai rata-rata 61,07 dengan presentase 28,5% dan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 82,1%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Basel Learning (PBL) berhasil meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci : Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
APOLONIA SERO - Personal Name
|
Student ID |
2001040057
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Ketua Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Penguji 1 PAULUS TAEK - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 SER P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |