Skripsi
Analisis Perubahan Pola Pikir Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Asal Papua Program Afirmasi di Universitas Nusa Cendana Kupang)
XMLPenelitian ini berjudul "Analisis Perubahan Pola Pikir Mahasiswa Asal Papua dalam Program Afirmasi di Universitas Nusa Cendana Kupang". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perubahan pola pikir mahasiswa asal Papua yang mengikuti program tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah 8 orang mahasiswa Papua. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Afirmasi memberikan akses pendidikan tinggi bagi mahasiswa Papua, membuka peluang akademis dan karir, serta meningkatkan inklusivitas di lingkungan universitas. Program ini juga memberikan dukungan dan penerimaan kepada mahasiswa Papua dari rekan-rekan mereka, serta memperkuat solidaritas antara mahasiswa dari berbagai latar belakang etnis. Kesimpulannya, Program Afirmasi berperan positif dalam meningkatkan kesetaraan pendidikan dan membangun ikatan sosial di antara mahasiswa Papua dan komunitas akademis. Implikasinya sangat relevan untuk perumusan kebijakan pendidikan inklusif di masa yang akan datang.
Kata Kunci: Pola Pikir, Mahasiswa, ADik Papua
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Dapinus Meku - Personal Name
|
Student ID |
1903030122
|
Dosen Pembimbing |
HOTLIF ARKILAUS NOPE - 197711242005011002 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1 Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
69201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Sosiologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
692.01 Mek A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |