PENGARUH TANAH DASAR TERHADAP KERUSAKAN JALAN (STUDI KASUS: RUAS JALAN DESA PONAIN, KECAMATAN AMARASI TENGAH, KABUPATEN KUPANG)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH TANAH DASAR TERHADAP KERUSAKAN JALAN (STUDI KASUS: RUAS JALAN DESA PONAIN, KECAMATAN AMARASI TENGAH, KABUPATEN KUPANG)

XML

Jalan raya adalah sarana transportasi yang berperan penting dalam berbagai aktivitas masyarakat di suatu daerah baik perkotaan maupun pedesaan atau suatu prasarana yang berfungsi sebagai jaringan transportasi yang menghubungkan daerah-daerah. Kerusakan – kerusakan pada jalan raya dapat terjadi akibat peningkatan beban lalu lintas, sistem drainase yang tidak berfungsi atau tidak adanya drainase, sifat material konstruksi perkerasan yang kurang baik, dan tanah dasar yang tidak stabil. Karakteristik tanah sebagai pondasi atau tumpuan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dari pekerjaan. Pada perkerasan jalan ponain mempunyai tingkat kerusakan yang bervariasi mulai dari rusak ringan, rusak sedang, dan rusak berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tanah dan pengaruh pengembangan tanah terhadap tingkat kerusakan perkerasan jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan pengujian laboratorium. Hasil penelitian sistem klasifikasi tanah menurut USCS menunjukkan tanah pada semua tingkat kerusakan jalan termasuk kelompok MH yaitu tanah lanau lempung anorganik dengan plastisitas tinggi. Klasifikasi tanah menurut AASHTO untuk semua tingkat kerusakan jalan termasuk kelompok A-7-5, yaitu tanah lanau lempung yang dikategorikan jelek sebagai bahan untuk tanah dasar. Dari hasil penelitian sifat fisik dan sifat mekanis sampel tanah di laboratorium menunjukkan nilai indeks plastisitas, batas cair, batas plastis, kadar air optimun dan pengembangan tanah berbanding lurus dengan meningkatnya nilai pada tiap tingkat kerusakan jalan. Sebaliknya, berbanding terbalik dengan penurunan nilai batas susut, berat volume kering maksimum dan CBR. Berdasarkan pengujian potensi pengembangan tanah dengan Uji CBR menunjukkan semakin besar nilai pengembangan tanah maka semakin meningkat tingkatkerusakan jalan, sehingga pengembangan tanah dasar mempunyai pengaruh terhadap tingkat kerusakan perkerasan pada jalan Ponain.

Kata Kunci: Kontruksi Jalan, Tanah dasar, Perkerasan, Kerusakan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JIMI WELMINCE SORU - Personal Name
Student ID
1706010094
Dosen Pembimbing
TRI MARDIYATI W SIR - 197905062006042001 - Dosen Pembimbing 1
ANDI HIDAYAT RIZAL - 196112221989031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Judi K. Nasjono - 196806092000121001 - Ketua Penguji
Tri Mardiyati W Sir - 197905062006042001 - Penguji 1
Andi Hidayat Rizal - 196112221989031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 SOR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA